-->

Cara Mengatur Daftar Isi Dengan Ruler Tab

Dalam sebuah tulisan, baik buku ataupun karya ilmiah berupa makalah, keberadaan halaman judul menjadi penting sebab ini memperlihatkan pada halaman mana suatu bahan dijabarkan. Ketika Anda menciptakan makalah atau buku yang mempunyai daftar isi, penggunaan software Ms Word menjadi hal umum dan banyak dipakai masyarakat. Ketika Anda membuat daftar isi, kebanyakan masih manual dengan tab dan titik. Untuk itu, kali ini akan dibahas bagaimana cara mengatur daftar isi secara otomatis.

 baik buku ataupun karya ilmiah berupa makalah Cara Mengatur Daftar Isi dengan Ruler Tab
Baca juga : Gaji 2 juta

Daftar isi yaitu belahan penting yang memperlihatkan posisi suatu chapter dalam buku atau makalah yang ditandai dengan nomor halaman. Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan sehubungan dengan menata daftar isi secara otomatis. Anda tidak perlu lagi memakai cara manual tab dan titik banyak. Untuk lebih jelasnya bagaimana mengatur daftar isi, berikut yaitu langkah yang dapat Anda ikuti:
  • Cara mengatur daftar isi yang pertama dengan mengatur ruler. Caranya, double klik pada ruler, akan muncul tanda ibarat abjad L bentuknya kecil. Bersamaan dengan tanda ibarat L tersebut, akan ada kotak obrolan dimana Anda dapat mengatur ruler tersebut.
  • Pada L pertama ini pilih “left” dan angka yang ada titik-titiknya. Selanjutnya Anda lakukan hal yang sama dan atur untuk posisi “right”. Untuk angka, pilih sana “none”.
  • Selanjutnya cara mengatur daftar isi yaitu dengan memposisikan kedua simbol tab atau L tersebut pada sisi kanan. Simbol L berfungsi untuk membatasi dan tetapkan posisi titik-titik dan nomor halaman pada daftar isi.
  • Titik-titik ini yang menghubungkan judul atau belahan dalam makalah atau buku yang akan Anda beri nomor halamannya.
  • Selanjutnya cara mengatur daftar isi dapat dilakukan dengan semi manual. Setelah menciptakan judul dan halaman judul beserta titik-titik penghubung, Anda dapat tekan enter kemudian tulis belahan chapter kedua yang ingin Anda beri nomor halaman.
  • Kemudian buat titik-titik secara manual sampai menyentuh batas tanda L sebelah kiri. Untuk mengecek semoga tidak terlewat, Anda dapat memakai tobol “TAB” pada keyboard. Selanjutnya Anda tulis nomor halaman pada tanda L sebelah kanan.
Tanda L baik di sisi kiri dan kanan berfungsi untuk menawarkan batasan simpulan titik-titik dan nomor halaman pada daftar isi. Jika Anda menulis buku dengan banyak halaman dan chapter, tidak perlu khawatir. Penggunaan ruler bertanda L ini sangat membantu mengatur jarak. Untuk judul chapter yang panjang, Anda hanya tinggal menyesuaikan panjang titik-titiknya saja. Itulah langkah singkat cara mengatur daftar isi memakai dukungan ruler dan tanda L atau tab yang dapat Anda lakukan. Dengan cara ini Anda dapat meminimalisir penyusunan daftar isi secara manual dan tradisional.
LihatTutupKomentar