-->

Ketajaman Pisau Belati Papua Yang Melegenda

Pisau belati papua merupakan jenis pisau berburu yang mempunyai ketajaman yang tidak dapat diremehkan. Pisau ini merupakan salah satu pisau legendaris yang dimiliki suku Papua. Papua yang ketika ini berjulukan Provinsi Papua Barat mempunyai suku yang mendiami tempat sekitar Papua yang gemar berpindah-pindah tempat tinggal. Yang mana mereka mempunyai bermacam-macam tradisi dan senjata khas yang ditinggalkan. Salah satunya ialah pisau belati khas papua ini.

 merupakan jenis pisau berburu yang mempunyai ketajaman yang tidak dapat diremehkan Ketajaman Pisau Belati Papua yang Melegenda
Baca Juga : Pisau Sembelih Paling Tajam

Legenda Pisau Belati Papua

Salah satu hal yang menjadi keunikan tersendiri dari pisau belati ialah materi dasarnya yang terbuat dari tulang burung kasuari. Selain berbahan dasar tulang kasuari, pisau belati juga sering memakai materi bambu alami. Pisau belati terbuat dari tulang kaki dari burung kasuari dan bambu yang mempunyai ujung yang sedikit runcing, serta ganggang yang dihiasi memakai aneka bulu kasuari yang cantik.

Seperti suku terdahulu kebanyakan, kebiasaan berburu tidak dapat dilepaskan dari tradisi mereka. Karena dengan memburu binatang, sumber masakan suku Papua ini dapat terpenuhi. Didalam berburu sendiri, mereka memerlukan beberapa senjata tradisional yang dipakai untuk berburu hewan maupun bertahan dari serangan dari suku lain. Salah satu senjata tradional tersebut ialah pisau belati ini.

Daftar Nama Senjata Perburuan Khas Papua Selain Pisau Belati

Nah, apakah Anda tahu bahwa selain senjata tradisional ini, ada beberapa senjata tradisional lain yang dipakai untuk berburu dan juga dipakai untuk mempertahankan diri dari banyak sekali serangan yang ditimbulkan dari suku pengganggu. Kali ini kita akan membahas senjata lain selain pisau belati ini untuk berburu suku Papua. Berikut ulasannya.
  • Busur dan Panah

Busur dan juga panah dikenal sebagai senjata paling utama yang berasal dari suku dari Papua. Senjata ini umumnya sering dipakai sebagai senjata ketika berburu dan juga berperang. Busur umumnya merupakan senjata yang terbuat dari bambu dan dapat juga kayu. Sedangkan tali busur berbahan dasar dari rotan. Selain itu, anak panahnya berbahan dasar dari kayu dan ada juga yang berbahan dari tulang kanguru.
  • Tombak

Selain pisau belati Papua, senjata tradisional yang banyak dipakai untuk berburu ialah tombak. Tombak khas yang berasal dari Papua ini mempunyai materi pembuatan dari banyak sekali materi alam menyerupai kayu yang dibalut dengan beberapa bongkahan batu. Tombak yang ada di Papua ini sendiri mempunyai dua variasi. Yaitu tombak yang mempunyai satu mata dan tombak yang mempunyai dua mata.
Demikian senjata selain pisau belati Papua yang sering dipakai oleh masyarakat suku papua secara turun-temurun. Saat ini budaya berburu ini masih tertanam berpengaruh dibenak pikiran suku Papua ini. Sehingga tidak mengherankan apabila berkunjung ke Papua, Anda akan menemukan masih banyak masyarakat yang berburu dengan memakai senjata tradisional ini. Demikian isu ini dan terima kasih telah berkunjung.
LihatTutupKomentar