-->

Petra di Yordania


Gambar dar berbagai situs di internet

Petra (dari πέτρα petra, "batu" dalam bahasa Yunani; bahasa Arab: البتراء, al-Bitrā) adalah sebuah situs arkeologikal di Yordania, terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba.

Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania. Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'batu'. Petra merupakan simbol teknik dan perlindungan.

Kata ini merujuk pada bangunan kotanya yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba, sebuah lembah bercadas di Yordania. Kota ini didirikan dengan menggali dan mengukir cadas setinggi 40 meter.

Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean. Didirikan sembilan tahun sebelum Masehi sampai dengan tahun ke-40 M oleh Raja Aretas IV sebagai kota yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir.

Suku Nabatean membangun Petra dengan sistem pengairan yang luar biasa rumit. Terdapat terowongan air dan bilik air yang menyalurkan air bersih ke kota, sehingga mencegah banjir mendadak. Mereka juga memiliki teknologi hidrolik untuk mengangkat air.

Terdapat juga sebuah teater yang mampu menampung 4.000 orang. Kini, Istana Makam Hellenistis yang memiliki tinggi 42 meter masih berdiri impresif di sana.







1.        Kolosus di Rodos
2.        Kuil Artemis
3.        Mausoleum Mausolus di Turky
4.        Mercusuar Iskandariyah
5.        Patung Zeus di Olympia
6.        Piramida Agung Giza
7.        Taman Gantung Babilonia

1.        Akropolis Athena
2.        Angkor Wat di Kamboja
3.        Chichén Itzá Di Mexico
4.        Hagia Sophia di Turkey
5.        Istana Alhambra di Spanyol
8.        Koloseum di Italia
9.        Kuil Kiyomizudera di Jepang
15.     Petra di Yordania
16.     Taj Mahal Di India
LihatTutupKomentar