-->

Pengertian Pankreas, Fungsi, & Strukturnya

Pengertian Pankreas, Fungsi, & Strukturnya| Apa sih itu Pankreas ?.. Secara umum, Pankreas adalah organ aksesoris di sistem pencernaan dengan dua fungsi utama yakni menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksorin dan menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin. Pankreas merupakan kelenjar yang panjangnya 12-15 cm dan lebar 4 cm yang terdapat dalam perut atas yang memanjang ke arah kiri, dan pecahan kepalanya nampak melekat di duodenum (usus 12 jari) kalau digambarkan.  Produk enzim yang berasal dari pankreas disalurkan ke duodenum melalui saluran pankreas utama. 

A. Fungsi Pankreas - Pankreas ialah organ dengan fungsi utama yakni fungsi eksorin dan fungsi endokrin. Berikut klarifikasi mengenai kedua fungsi pankreas... 
1. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin
Disaat kuliner keluar dari lambung akan menuju ke duodenum (usus 12 jari), duodenum kemudian menghasilkan hormon Kolesistokinin yang merangsang pankreas untuk mengeluarkan enzim-enzimnya (getah pankreas) melalui duktus pankreatikus. Enzim-enzim pencernaan (getah pankreas) dihasilkan oleh Asini. Asini ialah kumplulan sel Pankreas. Macam-macam kandungan getak pankreas ialah sebagai berikut...
  • NaCHO3: NaCHO3 ialah cairan dengan fungsi memperlihatkan suasana basa di kuliner yang masuk ke dalam duodenum, alasannya ialah kuliner berasal dari lambung yang sifatnya asam jawaban dampak dari asam lambung. Jika kuliner terus bersifat asam melewati usus, hal ini sanggup melukai dinding usus dan mengakibatkan enzim dari getah pankreas tidak aktif. 
  • Lipase Pankreas: Lipase pankreas ialah enzim dengan fungsi memecah lemak menjadi asam lemak + gliserol. Tidak hanya itu, enzim lipase juga berperan mengatur simpanan lemak untuk tidak terlalu berlebihan dalam tubuh. 
  • Tripsinogen: Tripsinogen ialah komponen Proteinase (pemecah) protein yang belum aktif, dan ketika katif, ia akan berupa menjadi enzim tripsin yang berfungsi memecah pepton menjadi beberapa asam amino. 
  • Amilase Pankreas: Amilase pankreas ialah enzim dengan fungsi mengubah amilum yang merupakan polisakarida menjadi monosakarida (zat gula yang sangat sederhana). Hal ini sanggup terjadi alasannya ialah tubuh hanya bisa menyerap gula dalam bentuk monosakarida. 
  • Enzim Karbohidrase Pankreas: Enzim karbohidrase pankreas ialah enzim dengan fungsi untuk memecah gula dalam makanan. Enzim berfungsi memecah disakarida menjadi 2 monosakarida (bentuk gula paling sederhana). Sebab tubuh hanya sanggup menyerap gula pada bentuk monosakarida. Contohnya ialah laktase, sukrase, maltase, dll. 
Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin: Secara umum fungsi pankreas sebagai organ eksorin ialah sebagai berikut... 
  • Meneralkan pH makan yang masuk ke duodenum semoga dalam suasana basa. Sehingga kuliner tidak bersifat asam, kalau kuliner bersifat asam sanggup melukai usus. dan menciptakan enzim pankreas tidak berfungsi. 
  • Menghasilkan banyak sekali enzim yang mencerna kuliner masuk ke usus halus. Berbagai enzim dengan fungsi yang sama yaitu memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana semoga sanggup diserap tubuh. 
2. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin
Pankreas insan mempunyai pula langerhans yang berperan dalam menjalankan fungsi Endokrin pankreas. Pula langerhans ialah kelompok sel-sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas yang kaya dengan pembuluh darah dan menyusun 1-2% seluruh dari masa pankreas. Pulau langerhans terbagi atas 4 jenis sel, yang setiap selnya menghasilkan hormon yang beragam, dan setiap hormon mempunyai fungsi yang bergam.  Macam-macam sel tersebut ialah sebagai berikut...
  • Sela Alfa Pankreas: Sela alfa pankreas ialah sel dengan fungsi menghasilkan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon ialah untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, dan memecah cadangan gula dalam hati kemudian dibawa ke darah. 
  • Sel Beta Pankreas: Sel beta pankreas ialah sel dengan fungsi menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin ialah untuk menurunkan kadar gula dalam darah, kalau gadar gulam dalam darah berlebihan, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Jika hormon ini tidak ada, atau kurang, maka orang itu akan terkena penyakit diabetes militus. 
  • Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas): Sel f pankreas ialah sel dengan fungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Fungsi polipeptida ialah untuk memperlambat penyerap makanan. Fungsi utama belum ditemukan.  
  • Sel Delta Pankreas: Sel delta pankreas ialah sel dengan fungsi menghasilkan somatostatin. Fungsi hormon hematostatin ialah untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas, dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produk polipeptida oleh Sel F pankreas. 
Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin: Fungsi pankreas sebagai organ endorin secara umum ialah sebagai berikut...  
  • mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah.
B. Fungsi Pankreas Secara Umum - Setelah membahas mengenai dua fungsi utama pankreas, berikut fungsi umum pankreas.... 
  • Sebagai kelenjar eksorin atau kelenjar mensekresikan zat-zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah
  • Sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat-zat tertentu melalui pembuluh darah
  • Mempunyai tugas menjaga keseimbangan kadar gula tubuh
  • Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan 
  • Berperan untuk menjaga keseimbangan lemak tubuh
  • Memiliki tugas metabolisme baik dengan anabolisme atuapun kataboisme gula dan bentuk lainnya
  • Berfungsi dalam metabolisme lemak
  • Sebagai penghasil banyak sekali protease menyerupai tripsin, amilase, dan lipase dalam membantu proses pencernaan. 
C. Bagian-Bagian Pankreas - Struktur pankreas terdapat dalam 4 pecahan utama yaitu kepala, leher, badan, dan ekor.
  • Kepala Pankreas: Kepala pankreas ialah pecahan yang terlibat melekat pada usus halus, kepala merupakan pecahan terluas dari pankreas. 
  • Leher Pankreas: Leher pankreas ialah pecahan pankreas dengan ukuran panjang sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala dan badan. 
  • Badan Pankreas: Badan pankreas ialah pecahan yang berada diantara leherdan ekor, hal ini merupakan pecahan paling penting pada pankreas.  
  • Ekor Pankreas: Ekor pankreas ialah pecahan meruncing yang ada di perut kiri. Bagian ekor merupakan pecahan terakhir dari tubuh pankreas. 
  • Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus): Saluran pankreas ialah saluran pankreas yang menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan bermuasa di usus 12 jari (duodenum). Saluran pankreas mengeluarkan sejumlah enzim dari pankreas dalam membantu sistem pencernaan. 

Baca Juga: 

Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Hati
Pengertian, Fungsi, Jenis & Bagian-Bagian Gigi
Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri-Ciri Jaringan Epitel
Bagian-Bagian Organ Pencernaan dan Fungsinya
Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi
Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon
Struktur Anatomi Bagian-Bagian Ginjal dan Fungsinya
Sistem Ekskresi Pada Manusia
 organ aksesoris di sistem pencernaan dengan dua fungsi utama yakni menghasilkan enzim pen Pengertian Pankreas, Fungsi, & Strukturnya

Demikianlah isu mengenai Pengertian Pankreas, Fungsi, & Struktrnya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pankreas, fungsi pankreas, dan struktur pankreas. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa untuk SHARE yah :).  
LihatTutupKomentar