-->

Pengertian Bangsa Dan Unsur Terbentuknya

Pengertian Bangsa dan Unsur Terbentuknya| Para jago banyak mendefinisikan pengertian bangsa yang memperlihatkan citra dalam pengertian bangsa yang sebenarnya. Secara umum, Pengertian Bangsa yaitu kumpulan insan yang biasa terikat alasannya kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi. Dalam bahasa inggirs, bangsa beradal dari kata nation. Nation yang berarti bangsa, wangsa atau trah (jawa). Bangsa Indonesia yaitu sekelompok insan yang menempati kepulauan Nusantara, mempunyai kesamaan watak, keinginan moral, dan keinginan aturan yang terikat menjadi satu alasannya keinginan dan pengalaman sejarah. Kamur Besar Bahasa Indonesia (BBI), Pengertian bangsa yaitu orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarah, serta berpemerintahan sendiri.   

1. Pengertian Bangsa dalam Arti Sosiologi Antropologis dan Arti Politis - Dalam pengertian bangsa terbagi atas dua yaitu pengertian bangsa secara sosiologi antropologis dan politis antara lain sebagai berikut...
  • Pengertian Bangsa dalam Arti Sosiologis Antropologis : Pengertian bangsa yaitu komplotan hidup yang bangun sendiri dan setiap anggota komplotan hidup tersebut merasa satu kesatuan ras, bahasa, agama, dan istiadat. Persekutuan hidup, artinya perkumpulan orang-orang yang saling membutuhkan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dalam satu wilayah tertentu. Persekutuan hidup dalam satu negara yang jumlah warga banyak atau lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan persektuuan hidup yang lain, menyerupai komplotan hidup masyarakat Jawa. Persekutuan yang dimiliki warga sedikit atau lebih kecil dibanding dengan yang lain, menyerupai masyarakat suku Badui. 
  • Pengertian Bangsa dalam Arti Politis : Pengertian bangsa yaitu suatu masyarakat dalam suatu wilayah tertentu dan mereka yang tunduk kepada penguasa yang ada. Jadi, bangsa dalam arti politik yaitu bangsa yang mempunyai kepeningan, nasib, dan tujuan yang sama (politis). Dalam arti inilah yang memunculkan paham nasionalisme atau semangat kebangsaan. Selain dari itu bangsa juga berasal dari orang-orang yang mempunyai kesamaan latar belakang sejarah, penglaman, dan usaha dalam mencapai hasrat untuk bersatu. 
2. Pengertian Bangsa Menurut Definisi Para Ahli - Terdapat beberapa jago yang telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian bangsa antara lain sebagai berikut.. 
  • Ernes Renant : Menurut Ernes Renant, pengertian bangsa yaitu suatu nyawa, suatu nalar yang terjadi dari dua hal, yaitu rakyat yang harus gotong royong menjalankan satu riwayat, dan rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu. 
  • Hans Kohn : Menurut Hans Kohn menyatakan bahwa bangsa sanggup terjadi alasannya adanya persamaan ras, bahasa, moral istiadat, dan agama yang merupakan faktor pembeda bangsa yang satu dengan yang lainnya. 
  • Otto Bauer : Menurut Otto Bauer, Pengertian bangsa yaitu adanya suatu persamaan, karakter, suatu watak, dimana abjad atau tabiat itu tumbuh dan lahir alasannya adanya persatuan pengalaman. 
  • Ir. Soekarno : Menurut Ir. Soekarno, Pengertian bangsa yaitu segerombolan insan besar, keras ia mempunyai keinginan bersatu, keinginan untuk hidup bersama, mempunyai persamaan nasib, watak, dan hidup diatas satu wilayah yang kasatmata satu unit. 
3. Ciri - Ciri Bangsa - Berdasarkan pengertian bangsa tersebut, bangsa mempunyai ciri-ciri antara lain sebagai berikut.. 
  • Sekelompok insan yang mempunyai rasa kebersamaan (self belonging together
  • Memiliki wilayah tertentu tetapi belum mempunyai pemerintahan sendiri
  • Ada kehendak bersama untuk membentuk atau berada dibawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri
  • Keanggotaan orangnya bersifat kebangsaan/nasionalitas
  • Tidak ditentukan secara niscaya waktu kelahirannya, menyerupai suku bangsa Betawi yang tidak diketahui secara niscaya kapan mulai ada/muncul suku bangsa betawi itu
  • Dapat terjadi alasannya adanya kesamaan dalam identitas budaya, agama, bahasa sehingga sanggup membedakan bangsa alainnya. Bangasa tersebut memunculkan bangsa yang homogen. 
4. Unsur-Unsur Terbentuknya Bangsa - Sebagaimana yang dikemukakan oleh Otto Bauer bahwa terbentuknya bangsa alasannya adanya persamaan senasib atau sanggup dikatakan bahwa bangsa juga sanggup terbentuk dari nilai yang solidaritas dari semua prang yang tinggal dalam satu kelompok. Ratzel mengemukakan bahwa bangsa sanggup terjadi bentuk alasannya adanya hasrat atau keinginan bersatu alasannya kesamaan kawasan tinggalnya (bangsa secara geopolitik).  Friederch Hertz, menyatkaan bahwa unsur terbentuknya suatu bangsa yaitu sebagai berikut..
  • Adanya keinginan atau hasrat untuk bersatu secara sosial, ekonomi, politik, budaya, dan komunikasi, urusan dalam negeri
  • Adanya keinginan dalam memperlihatkan karakteristik sendiri melalui kemandirian, keaslian, kelebihan, bahasa, dan lain-lain. 
  • Adanya hasrat dalam memperlihatkan keunggulan dari dalam kolaborasi antarbangsa
Baca Juga : 
Pengertian Bangsa : Apa itu Bangsa ?..
Pengertian Negara : Apa itu Negara ?..
Pengertian Negara Menurut Definisi Para Ahli
Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara
Mengenal Ciri-Ciri Negara Hukum
Sifat dan Hakikat Negara
Asal Mula Terjadinya Negara
Macam-Macam Bentuk Negara dan Kenegaraan
Fungsi Negara (Secara umum & Teori Para Ahli)
Tujuan Negara (Secara umum & Teori Para Ahli)

Demikianlah informasi Pengertian Bangsa dan Unsur Terbentuknya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian bangsa, pengertian bangsa dalam arti sosiologis antropologis, pengertian bangsa dalam arti politis, pengertian bangsa berdasarkan definisi para ahli, ciri-ciri bangsa, unsur-unsur terbentuknya bangsa. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".
Referensi : 
  • Sunardi H.S, Bambang Tri Purwanto. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas. Jakarta : Global. Hal : 3-5.
  • Listyarti, Retno. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Jakarta : Esis. Hal : 4-5
Jangan Lupa SHARE yah Teman-Teman :) . 
LihatTutupKomentar