-->

4 Pembagian Terstruktur Mengenai Kota

Kota yakni daerah permukiman penduduk dengan beraneka ragam acara dan kepentingannya serta latar belakang sosial budayanya. Kota mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Kota-kota yang mempunyai bermacam-macam karakteristik tersebut sanggup diklasifikasikan. Klasifikasi yang dimaksud yakni perjuangan untuk menggolong-golongkan kota-kota tertentu atas dasar karakteristiknya. Berikut yakni macam-macam pembagian terstruktur mengenai kota. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20 Pengertian Kota Menurut Para Ahli
Kota yakni daerah permukiman penduduk dengan beraneka ragam acara dan kepentingannya  4 Klasifikasi KotaUrban Farming: Solusi Tepat Untuk Menghijaukan Kota

Klasifikasi ini dikemukakan oleh Lewis Munford. Berdasarkan tingkat perkembangannya, kota diklasifikasikan menjadi berikut:

  1. Tingkat eopolis yakni suatu wilayah yang bermetamorfosis kota baru.
  2. Tingkat polis adalah suatu kota yang masih mempunyai sifat agraris.
  3. Tingkat metropolis adalah kota besar yang perekonomiannya sudah mengarah ke industri.
  4. Tingkat megalopolis adalah wilayah perkotaan yang terdiri atas beberapa kota metropolis yang berdekatan lokasinya sehingga membentuk jalur perkotaan yang sangat besar.
  5. Tingkat trianapolis yakni kota yang kehidupannya sudah dipenuhi dengan kerawanan sosial, menyerupai kemacetan kemudian lintas dan tingkat kriminalitas yang tinggi.
  6. Tingkat nekropolis yakni suatu kota yang sedang menuju keruntuhan.

4. Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, kota diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Kota pusat produksi yakni kota yang mempunyai fungsi sebagai sentra produksi atau pemasok. Baik yang berupa materi mentah, barang setengah jadi, maupun barang jadi. Contoh: Surabaya, Gresik, dan Bontang.
  2. Kota pusat hiburan yakni kota yang berfungsi sebagai sentra rekreasi yang di dalamnya mengandung sesuatu yang menarik bagi orang luar untuk dituju sebagai daerah untuk berekreasi. Contoh: Monte Carlo dan Honolulu.
    Baca juga: 10 Kota Terindah di Dunia
  3. Kota pusat perdagangan yakni kota yang mempunyai fungsi sebagai sentra perdagangan, baik untuk domestik maupun internasional. Biasanya kota ini mempunyai pelabuhan yang besar atau infrastruktur transportasi darat penghubung kota yang baik. Contoh: Hongkong, Jakarta, dan Singapura.
  4. Kota pusat pemerintahan yakni kota yang mempunyai fungsi sebagai sentra pemerintahan atau sebagai ibu kota negara. Contoh: Jakarta dan Putrajaya.
  5. Kota pusat kebudayaan yakni kota yang mempunyai fungsi sebagai sentra kebudayaan ataupun sentra keagamaan. Contoh: Yogyakarta, Vatikan, Mekah, dan Surakarta.


Sumber:

Judul

Alamat

Pengertian, klasifikasi, fungsi, tahapan, dan ciri masyarakat kota /search?q=20-pengertian-kota-menurut-para-ahli
KLASIFIKASI KOTA https://skepticalinquirer.wordpress.com/2015/01/21/klasifikasi-kota/
KLASIFIKASI KOTA ATAS DASAR KARAKTERISTIK FUNGSINYA https://umiemuliya.wordpress.com/2012/12/03/klasifikasi-kota-atas-dasar-karakteristik-fungsinya/


Anda sanggup request artikel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke

LihatTutupKomentar