-->

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Safir Senduk Demi Keamanan Finansial

Mengelola keuangan rumah tangga bukanlah perkara gampang. Jika bisa kita catat, maka akan terlihat ada berbagai pengeluaran di sana. Suami istri yang mempunyai honor besar pun terkadang menjadi pusing alasannya ialah tidak bisa membayar semua tagihan. Karena itu Safir Senduk, seorang pengelola keuangan menawarkan banyak tips penting yang sanggup dipakai untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga. Cara mengatur keuangan rumah tangga Safir Senduk sanggup dilakukan dengan memperhatikan 4 point berikut ini:

Mengelola keuangan rumah tangga bukanlah perkara praktis Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Safir Senduk Demi Keamanan Finansial
Baca juga : Layar Monitor
  • Mengatur prioritas pengeluaran

Safir Senduk sering mengingatkan masyarakat untuk sanggup memilih prioritas dari pengeluaran. Dalam beberapa artikel keuangan Safir Senduk disebutkan bahwa pengeluaran rutin sanggup terbagi menjadi 4 pos. Yang pertama ialah biaya hidup, kedua premi asuransi, ketiga tabungan dan terakhir ialah cicilan hutang. Dari keempat pos tersebut, prioritas pertama yang harus dibayarkan terlebih dahulu ialah cicilan hutang, kedua menabung secara rutin, ketiga melaksanakan pembayaran premi asuransi, gres yang terakhir membayar atau membeli kebutuhan sehari-hari.
  • Pembagian pos-pos pengeluaran

Setelah prioritas pembayaran atau pengeluaran uang ditentukan, maka berikutnya ialah membagi jumlah pendapatan atau persentasinya ke dalam pos-pos tersebut. Contoh perencanaan keuangan yang diberikan oleh Safir Senduk ialah cicilan hutang yang harus dibayar setiap bulannya maksimal ialah 30% dari jumlah pendapatan. Untuk tabungan rutin sanggup mencapai 10%, premi asuransi sebesar 10% dan untuk biaya hidup bisa menghabiskan sampai 50%. Perencanaan keuangan ini masih sanggup bergeser sedikit, sesuai dengan kondisi dari masing-masing rumah tangga.
  • Membedakan antara kebutuhan dengan impian

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga Safir Senduk yang sering digaris bawahi ialah membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Hal ini menjadi sangat penting alasannya ialah bila kita selalu mendahulukan keinginan, maka pengeluaran bisa sangat boros. Bagi manusia, impian itu tidak ada batasnya. Sedangkan kebutuhan ada batasannya walaupun harus selalu didahulukan. Karena itu, ketika berbelanja, dahulukan untuk membeli barang-barang yang memang diharapkan dan kalau perlu dahulukan kebutuhan yang menjadi prioritas.
  • Melakukan investasi cerdas

Rumah tangga yang telah bisa menabung uang tunai secara rutin, harus mulai berfikir untuk melaksanakan investasi. Mulailah dengan membeli emas batangan, sebidang tanah sampai asuransi pensiun. Barang-barang produktif yang sanggup dipakai untuk menghasilkan uang kembali, juga bisa menjadi barang investasi. Tetapi jangan membeli barang yang ketika dijual harganya akan turun, menyerupai tas bermerek.
Cara mengatur keuangan rumah tangga Safir Senduk di atas sanggup menciptakan keuangan rumah tangga menjadi aman. Suami istri akan bisa membayar semua hutang, menabung dan juga menyiapkan jaminan kesehatan dan pendidikan. Dana untuk persiapan pensiun pun sudah sanggup dialokasikan dengan sangat baik. Tidak hanya itu, investasi cerdas yang dilakukan juga sanggup menjamin keamanan finansial bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan menyerupai PHK.
LihatTutupKomentar