-->

Wajib Tahu Lambang Koperasi Yang Gres Dan Artinya Terlengkap

Sudah tahukah Anda, lambang koperasi yang gres dan artinya? Sejak tahun 2019 yang lalu, lambang koperasi yang dulunya pohon beringin dengan diapit oleh padi dan kapas sudah digantikan dengan lambang koperasi yang baru. Jika diamati secara sekilas mungkin Anda belum mengetahui bahwa lambang koperasi yang gres ialah bunga teratai. Hal ini dikarenakan pada sekeliling bunga teratai ini diberi empat sudut. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan arti dari setiap lambang koperasi yang baru.
Lambang koperasi lama hingga dikala ini masih ada yang menggunakannya, namun sesuai dengan peraturan pemerintah lambang koperasi harus segera diadaptasi dengan yang baru. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentunya Anda tidak hanya sekedar tahu apa lambang koperasi yang gres saja tapi juga harus memahami makna lambang koperasi yang baru. Berikut ini lambang koperasi yang gres dan artinya:
  • Makna bunga pada lambang koperasi yang baru

Lambang gres dari koperasi yang paling menonjol ialah gambar bunga. Bunga yang dipilih dalam lambang koperasi yang gres ialah bunga teratai. Lambang bunga teratai dalam lambang koperasi yang gres ini memiliki makna bahwa koperasi Indonesia haruslah terus berkembang dan senantiasa mengikuti kemajuan zaman. Dalam mengikuti kemajuan zaman ini, koperasi harus tetap berwawasan dan bersifat dinamis serta variasi. Selain itu, lambang bunga juga bermakna bahwa koperasi harus tetap berkembang dengan orientasi pada teknologi.
  • Makna gambar sudut pada lambang koperasi yang baru

Di luar bunga teratai terdapat gambar sudut yang terdiri empat sudut. Keempat sudut ini memiliki makna bahwa koperasi harus tetap memegang 4 falsafah dasar koperasi Indonesia. Keempat falsafah dasar ini ialah koperasi harus menjadi organisasi yang menyalurkan aspirasi rakyat, koperasi harus bersifat kerakyatan dan menjunjung nilai kebersamaan, koperasi harus bersifat mandiri, demokrasi, dan adil dalam persaingan perekonomian global.
  • Makna Teks pada lambang koperasi yang baru

Lambang koperasi dan arti lambangnya yang gres juga disiratkan dalam teks Koperasi Indonesia yang ada pada bab bawahnya. Teks ini memiliki makna bahwa setiap anggota koperasi memiliki ikatan yang kuat. Hal ini ditunjukkan dengan teks yang dibentuk sejajar dan rapi.
  • Makna lainnya dalam lambang koperasi yang baru

Makna lainnya yang ada pada lambang koperasi ada pada warna yang dipilih. Warna yang dipilih untuk lambang koperasi ini ialah warna pastel yang memiliki makna sederhana, tapi memiliki wibawa dan kemauan keras untuk maju. Selain itu, warna ini juga menggambarkan bahwa koperasi Indonesia memiliki eksklusif yang kuat.
Lambang koperasi yang gres dan artinya ini memang lebih sederhana dibandingkan dengan lambang koperasi yang lama. Kesederhanaan yang diberikan pada lambang ini menegaskan bahwa koperasi Indonesia akan terus berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. Teknologi yang semakin maju tidak akan menciptakan koperasi semakin terpuruk, justru sebaliknya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka koperasi akan terus berkembang mengikuti zaman. Namun tentu saja prinsip dan asas dasar koperasi tidak akan pernah ditinggalkan yaitu kekeluargaan dan Pancasila.
LihatTutupKomentar