-->

Tips Menentukan Dan Perawatan Mesin Motor

Mengikuti kemajuan zaman dan teknologi kini ini, sepeda motor pun makin banyak diproduksi dengan fitur-fitur canggih. Bila menentukan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari, Anda perlu mempertimbangkan ukuran mesin motor untuk menentukan kekuatan motor tersebut. Berikut tips yang akan membantu Anda menentukan tipe, kapasitas mesin motor yang sesuai untuk anda :


1. Kapasitas mesin


Kapasitas mesin motor sangat penting sebab bekerjasama eksklusif dengan tingkat kekuatan yang sanggup dihasilkannya. Semakin besar ruang bakar pada mesin motor maka semakin berpengaruh tenaga yang dihasilkan. Kapasitas mesin sepeda motor biasanya diukur dengan 'cc', yang merupakan abreviasi dari centi cubic. Kisaran besarannya mulai dari 50cc hingga 1500cc. Pengukuran tersebut sama menyerupai jumlah liter yang dipakai untuk mendeskripsikan kapasitas mesin motor. Dengan demikian, sepeda motor dengan kapasitas mesin 250cc sama dengan 0,25 liter.

2. Kelas


Ada sejumlah kelas yang berbeda bila mengelompokkan kapasitas mesin sepeda motor. Secara umum kelas sepeda motor itu mulai 50cc, 100cc, 200cc, 250cc dan 1000cc. Tapi itu tidak berarti bahwa kelas lain tidak ada. Ukuran kapasitas umum biasanya dipakai sebagai standar sehingga sepeda motor dengan kapasitas 85cc atau 650cc akan sulit ditemui.

3. Efisiensi materi bakar


Kapasitas mesin motor akan menentukan berapa banyak materi bakar yang dikonsumsi. Sepeda motor dengan bodi besar dan berat dengan kapasitas mesin besar tidak hanya membutuhkan lebih banyak materi bakar namun juga akan membutuhkan lebih banyak tenaga untuk membuatnya melaju. Anda akan menemukan bahwa sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih kecil lebih efisien dan mengatakan jarak tempuh yang lebih jauh untuk setiap galon materi bakar.

4. Ukuran


Kapasitas mesin motor berkorelasi eksklusif dengan ukuran sepeda motor. Sebuah sepeda motor 50cc dianggap sebagai ukuran mesin motor yang kecil menyerupai yang terpasang di moped yang mempunyai frame kecil dan lebih ringan daripada sepeda motor dengan mesin 1000cc. Ditinjau dari fasilitas mengendarai, Anda akan mendapati bahwa motor berkapasitas besar jauh lebih berat dan membutuhkan lebih banyak perjuangan untuk melaju.

5. Harga


Seperti halnya dengan mobil, mesin motor yang lebih bertenaga niscaya mengatakan harga lebih mahal. Meskipun harga bervariasi sesuai dengan model, Anda akan menemukan bahwa ada perbedaan harga dengan kapasitas mesin yang berbeda.

6. Kecepatan


Saat mempertimbangkan kapasitas mesin motor, Anda harus memperhitungkan kecepatan yang anda inginkan. Kecepatan tertinggi sepeda motor dengan kapasitas mesin 50cc tidak sanggup dibandingkan dengan yang berkapasitas 1000cc. Sepeda motor dengan ukuran mesin besar dengan gampang sanggup membawa Anda ke kecepatan yang diinginkan yang tak sanggup dicapai mesin motor berkapasitas kecil. Moped dengan mesin 50 cc tak akan sanggup melebihi kecepatan 35 mil per jam.
Perawatan mesin motor yang sempurna yaitu kunci motor tidak rewel. Berikut beberapa tips berkhasiat yang akan membantu menjaga mesin motor selalu dalam kondisi normal :

1. Oli mesin motor


Ganti oli mesin pada interval setiap 6 bulan atau 3.000 mil. Fungsi utama oli mesin sepeda motor yaitu bertindak sebagai pelumas. Oli juga membantu mengurangi kebisingan mesin, menjaga kepingan lain dari mesin tetap masbodoh dan merupakan pelicin gerak piston. Oli harus mempunyai konsistensi yang baik sehingga sanggup berfungsi dengan baik. Oli dilarang terlalu kental sehingga tidak sanggup masuk ke dalam kepingan mesin yang bergerak dengan kencang untuk pelumasan. Pada dikala yang sama,  oli pun dilarang terlalu encer sehingga tidak sanggup mengatakan celah bagian-bagian mesin. Jenis oli mesin yang dipakai untuk mesin motor sama pentingnya dengan frekuensi penggantiannya.

2. Bahan bakar mesin motor


Jenis materi bakar jenis yang dipakai untuk sepeda motor sangat penting untuk diperhatikan. Untuk menghindari kerusakan kepingan tertentu dari mesin, terkadang Anda harus memakai jenis materi bakar kelas lebih tinggi. Perlu diingat bahwa memakai materi bakar kelas yang lebih tinggi demi peningkatan kinerja tidak sebanding dengan tenaga. Kinerja dan keawetan tidak meningkat sebab oktan materi bakar yang meningkat. Gunakan hanya materi bakar yang direkomendasikan oleh pabrik pembuatnya.

3. Cairan pendingin mesin motor


Mengganti cairan pendingin mesin motor berdasarkan patokan pabrik sangat penting, terutama dikala motor Anda masih dalam masa garansi. Bila memakai cairan pendingin yang salah yang tak direkomendasikan maka  sanggup membatalkan garansi.

4. Rantai sepeda motor


Periksa secara visual rantai sepeda motor dua kali sebulan atau setiap 500-700 mil jikalau Anda bukan pengendara yang sering menggunakannya. Fungsi rantai pada sepeda motor yaitu mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Rantai ini perlu dibersihkan dan disetel untuk mempertahankannya sanggup berfungsi dengan aman. Rantai yang rusak sanggup mengakibatkan kerusakan serius pada motor Anda dan bahkan mencelakakan pengendara.

5. Busi motor


Busi mesin motor sangat penting untuk performa keseluruhan sepeda motor. Adalah penting sebelum Anda melepaskan busi, gunakan semprotan udara untuk meniup di lubang kawasan busi berada. Ini akan menghilangkan kotoran dari lubang sehingga tidak ada yang jatuh ke mesin dikala busi dilepaskan.

6. Filter udara motor


Jika saringan udara pada motor tersumbat oleh kotoran dan debu, motor Anda tidak akan sanggup bernafas dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan hilangnya tenaga dan performa yang anjlok. Secara fisik lepaskan saringan udara dan periksa bila ada yang menyumbat. Jika saringan sudah rusak maka ganti segera untuk mencegah duduk masalah mesin yang serius.
LihatTutupKomentar