-->

Cara Mengoper Gigi Kendaraan Beroda Empat Manual Untuk Pemula

Salah satu kesulitan yang dialami orang ketika gres pertama kali berguru mengendarai kendaraan beroda empat sendiri yaitu bagaimana cara mengoper gigi kendaraan beroda empat manual. Mengoper gigi pada kendaraan, terutama kendaraan beroda empat memang tidak sesederhana jikalau Anda memakai sepeda motor. Apalagi jikalau Anda sebelumnya tidak mengenal perpindahan gigi alasannya yaitu sudah terbiasa dengan kendaraan matic. Tentunya butuh sedikit kerja keras biar Anda sanggup menguasai kendaraan dan membuatnya melaju dengan mulus dan aman. 

Salah satu kesulitan yang dialami orang ketika gres pertama kali berguru mengendarai kendaraan beroda empat Cara Mengoper Gigi Mobil Manual Untuk Pemula
Baca juga : Ask Fm

Sebelum Anda berguru cara memindahkan gigi pada kendaraan beroda empat manual, perhatikan dulu cara mengendarai kendaraan beroda empat yang benar. Pertama duduk dengan posisi tegak dan nyaman, kenakan sabuk pengaman dengan benar untuk keselamatan Anda. Kemudian turunkan beling jendela samping supaya Anda sanggup memperhatikan bunyi mesin dan berguru mengenali perbedaan ketika perpindahan gigi dari satu gigi ke gigi lainnya. Hal ini penting untuk melatih kepekaan Anda dalam mengendarai mobil. 

Kemudian perhatikan bahwa pada kendaraan beroda empat manual terdapat tiga buah pedal, pedal kopling, pedal rem dan gas. Ingat baik-baik posisinya biar Anda tidak salah injak. Cara mengoper gigi kendaraan beroda empat manual memerlukan pemberian kopling. Karena ketika perpindahan gigi pedal kopling harus diinjak. Pastikan kaki Anda hingga dan cukup nyaman dalam menginjak pedal kopling. Kemudian coba mulai dengan pindahkan posisi tuas gigi ke posisi gigi netral sambil injak pedal kopling dan hidupkan mesin kendaraan Anda. Setelah hidup silakan lepaskan pedal kopling. 

Agar sanggup melaju maka cara mengoper gigi pada kendaraan beroda empat manual selanjutnya yaitu injak kembali pedal kopling sambil memindahkan gigi dari gigi netral ke gigi satu. Angkat kaki Anda sesudah bunyi mesin menurun, kemudian injak pedal gas secara ringan. Maka kendaraan beroda empat akan mulai bergerak. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga Anda merasa cukup nyaman dan terbiasa dengan perpindahan antara kopling dan gas. Ingat inti menjalankan kendaraan beroda empat manual terdapat pada kombinasi yang pas antara injakan kopling dan gas. 

Anda sanggup mengoper gigi satu ke gigi dua jikalau kendaraan beroda empat telah hingga ke 2500 hingga 3000 rpm. Rasakan bedanya pada bunyi mesin dimana waktu yang sempurna untuk mengoper gigi ke gigi dua biar kecepatan kendaraan beroda empat meningkat. Gigi dua berada di bawah gigi satu, caranya tarik tuas ke kiri kemudian tarik ke belakang. Sementara gigi tiga dari posisi gigi netral kemudian dorong ke atas. Pada posisi gigi empat caranya berlawanan dengan gigi tiga. Sementara gigi lima yaitu geser kanan kemudian tarik ke depan. Lalu, untuk gigi enam geser kanan kemudian tarik ke belakang. 

Cara mengoper gigi kendaraan beroda empat manual tidak sulit jikalau Anda telah terbiasa. Pastikan kaki kiri selalu berada di bersahabat pedal kopling, sementara kaki kanan berada di antara pedal gas dan pedal rem. Untuk lebih terampil lakukan latihan terus menerus, termasuk latihan dalam memarkir kendaraan, berputar, melewati tanjakan dan lain sebagainya. Perhatikan perubahan bunyi pada mesin dan gunakan sensitivitas Anda kapan kira-kira Anda harus mengoper atau memindahkan gigi.
LihatTutupKomentar