-->

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Honor 2 Juta Secara Bijak

Penghasilan yang pas-pasan bisa menjadikan banyak sekali permasalahan dalam keluarga. Karena itu seorang istri yang bijak harus bisa mengatur kondisi tersebut, semoga semua kebutuhan keluarga tetap sanggup terpenuhi. Walaupun dengan penghasilan sebesar 2 juta/bulan berarti harus dilakukan banyak penghematan, tetapi paling tidak rumah tangga sanggup berjalan dengan normal dan kebutuhan-kebutuhan pokok sanggup terpenuhi. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan honor 2 juta secara bijak sanggup dilakukan dengan tips berikut ini: 

pasan bisa menjadikan banyak sekali permasalahan dalam keluarga Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta Secara Bijak
Baca juga : APN Telkomsel
  • Membuat anggaran dan skala prioritas

Satu hal penting yang harus diingat dalam cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga yakni harus adanya anggaran bulanan. Anggaran ini sangat penting untuk bisa memprediksi kemampuan keuangan dan menghindarkan kita dari pengeluaran yang gotong royong tidak perlu. Selain itu buatlah juga skala prioritas dari kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Saat gres saja mendapatkan gaji, prioritas pertama yang harus dibayarkan yakni hutang, kemudian menabung, gres sehabis itu membayar dan membeli banyak sekali kebutuhan rumah rumah tangga.
  • Memiliki tabungan

Walaupun honor yang diperoleh setiap bulannya sangat pas-pasan, tetapi mempunyai tabungan merupakan sebuah keharusan. Cara membagi honor 2 juta semoga bisa tetap menabung memang bukan kasus mudah. Karena itu kita bisa memakai koperasi karyawan untuk memotong honor dan memasukkannya ke dalam tabungan sebelum honor tersebut diterima. Trik lain yang bisa dilakukan yakni dengan mengikuti arisan, yang akan menciptakan kita dipaksa menyisihkan uang untuk menabung.
  • Management hutang yang benar

Banyak rumah tangga dengan honor 2 juta jatuh dalam lilitan hutang. Jika kita tidak ingin mengalaminya, maka lakukan managemen hutang yang benar. Caranya yakni dengan tidak mengambil hutang untuk konsumsi, menyerupai belanja bulanan. Kemudian hitung dengan cermat cicilan hutang, jangan hingga melebihi 30 % dari honor yang diperoleh. Yang terakhir, jangan pernah berhutang untuk membayar hutang lainnya.
  • Melakukan langkah-langkah penghematan

Semua orang tahu jika salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan honor 2 juta yakni melaksanakan penghematan. Tetapi tidak semua orang mengetahui dengan niscaya bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan. Langkah pertama yakni dengan menciptakan daftar belanja bulanan. Berbelanjalah sesuai daftar dan jangan membeli barang yang tidak ada di dalamnya. Langkah yang kedua yakni usahakan untuk memasak sendiri masakan ataupun kudapan anak di rumah. Cara ini niscaya akan lebih murah daripada membeli matang.
Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan honor 2 juta memang bukan kasus mudah. Tetapi bagaimanapun juga kita harus selalu bersyukur dengan rezeki yang diperoleh. Banyak orang lain yang kehidupannya lebih sulit dari kita. Karena itu usahakan untuk selalu berfikiran nyata dan optimis. Dengan demikian, maka kita sanggup melaksanakan pengaturan keuangan secara bijak demi kebahagiaan seluruh anggota keluarga.
LihatTutupKomentar