-->

Teks Mekanisme Kompleks (Pengertian, Struktur Isi, Ciri, Kategorisasi Dan Pola Teks Mekanisme Kompleks)

Materi yang mempelajari tetang teks mekanisme kompleks yaitu materi yang diajarkan di kelas X kurikulum 2013 untuk mata pelajaran bahasa indonesia, materi ini disampaikan dengan tujuan semoga siswa bisa menganalisis teks  prosedur kompleks dan juga bisa menyunting teks mekanisme kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara ekspresi maupun tulisan.

Adapun Teks mekanisme komplek yang akan di bahas disini di artikel kali ini menyangkut:

  • Analisis isi teks mekanisme kompleks
  • Analisis bahasa teks mekanisme kompleks
  • Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks mekanisme kompleks
  • Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
  • Identifikasi karakteristik teks mekanisme kompleks
  • Langkah-langkah menciptakan abstraksi teks mekanisme kompleks

Sebelum di bahas lebih lanjut saya akan coba uraikan mengenai pengertian dari teks mekanisme kompleks, sehingga dengan memahami pengertiannya dibutuhkan anda bisa memahami teks mekanisme kompleks dengan lebih baik.


Pengertian Teks Prosedur Kompleks


Prosedur kompleks adalah langkah-langkah yang harus ditempuh untuk
mencapai tujuan (Kemdikbud, 2013: 44). Banyak acara di sekitar kita yang
harus dilakukan sesuai prosedur, seperti: cara menciptakan SIM (Surat Izin
Mengemudi), cara menciptakan KTP (Kartu Tanda Penduduk, cara menggunakan
ATM, cara menciptakan botol kaca, dan lain sebagainya. 

Menurut Kosasih (2014:67) teks mekanisme kompleks merupakan teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap, jelas, dan terperinci perihal cara melaksanakan sesuatu.

Mahsun (2014) mengungkapkan bahwa teks mekanisme atau teks instruksi merupakan salah satu dari jenis teks yang termasuk genre faktual subgenre prosedural. Tujuan sosial dari teks ini yaitu mengarahkan perihal langkah-langkah yang telah diterangkan. Teks mekanisme ini menekankan aspek
bagaimana melaksanakan sesuatu yang berupa percobaan atau pengamatan.

Langkah-langkah dalam mekanisme kompleks disajikan dalam banyak sekali macam bentuk teks. Ada teks mekanisme kompleks yang disajikan dalam bentuk uraian narasi, berbentuk bagan, ada juga yang disajikan dalam klarifikasi singkat. Langkah-langkah pada mekanisme kompleks merupakan urutan yang biasanya tidak sanggup diubah (Kemdikbud, 2013: 45). Langkah awal akan menjadi penentu langkah berikutnya. Dalam teks mekanisme kompleks banyak terdapat kalimat perintah (kalimat imperatif) yang berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang melaksanakan sesuatu. 


Struktur Isi Teks Prosedur Kompleks

Agar lebih simpel memahami teks mekanisme komplek maka yang harus dipelajari salah satunya yaitu struktur isi dari teks itu sendiri, Struktur isi dari teks mekanisme kompleks yaitu sebagai berikut:


a. Struktur Teks Prosedur Komplek Menurut Kemdikbud (2013)
Struktur teks mekanisme kompleks terdiri atas tujuan dan langkah-langkah (Kemdikbud, 2013: 45). Tujuan teks berisi petunjuk dan tujuan yang akan dicapai. Langkah-langkah berisi petunjuk mengerjakan sesuatu yang disusun secara sistematis.

b. Struktur Teks Prosedur Komplek Menurut Indah dan Santi (2013)
Menurut Indah dan Santi (2013: 87) teks mekanisme mempunyai kerangka atau struktur yakni, sebagai berikut:

  • tujuan atau judul
  • bahan atau segala sesuatu yang dibutuhkan, dan
  • langkah-langkah atau tahapan untuk mencapai tujuan.


Tujuan teks mekanisme ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dicapai, dilakukan, dibuat, atau dioperasikan. Pada teks mekanisme tidak semua memakai materi alat yang akan dipakai. Jadi, materi dalam struktur teks mekanisme sifatnya opsional atau boleh dihilangkan. Penggunaan materi ini sering digunakan pada teks mekanisme perihal memasak makanan atau menciptakan sesuatu. Berikut pola analisis strukturnya.

c. Struktur Teks Prosedur Komplek berdasarkan Mahsun (2014)
Mahsun (2014) menjelaskan struktur teks mekanisme terdiri atas

  • judul
  • tujuan
  • daftar bahan
  • urutan tahap pelaksanaan
  • pengamatan, dan 
  • simpulan.


Contoh Analisis Struktur Teks Prosedur Kompleks

Berikut yaitu pola analisa struktur teks mekanisme kompleks

Judul : Mengubah Botol Menjadi Gelas dalam Lima Langkah

Tujuan : Tips bermanfaat bagi mahasiswa atau mahasiswi yang bahagia berhemat atau untuk Anda yang bahagia dengan kerajinan tangan.

Bahan : 
  1. Botol kaca
  2. Tali berbahan kain
  3. Spirtus/minyak tanah
  4. Korek api

Langkah-langkah 
  1. Ambillah sebuah botol, lebih baik agak tebal. Kemudian ikat dengan seutas tali ditengah tubuh botol tersebut. Carilah tali yang simpel menyerap cairan, misal sumbu.
  2. Lepaskan tali dari botol tersebut, tetapi tetap dalam keadaan terikat. Kemudian celupkan tali ke dalam minyak tanah semoga simpel terbakar.
  3. Kembali masukkan botol ke dalam ikatan tali dan pegang botol secara horizontal. Kemudian bakar tali tersebut hingga habis. Kira-kira 10 menit kemudian, Anda akan mendengar bunyi retakan.
  4. Setelah mendengar bunyi retakan, siram botol dengan air dingin. Bagian yang terkena api akan terbelah rapi menjadi dua bagian.
  5. Gunakan kertas pasir (amplas) untuk menghaluskan bab pecahan

Ciri Teks Prosedur Kompleks

Sedangkan ciri dari teks mekanisme kompleks yaitu sebagai berikut:

a. Menurut Kemdikbud (2013:42-50) beberapa ciri-ciri teks mekanisme kompleks
yaitu sebagai berikut.
  1. Dalam teks mekanisme kompleks banyak memakai konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan urutan waktu, seperti: pertama, kedua, ketiga, dan setelah.
  2. Menggunakan verba material (melakukan, menilang) dan verba tingkah laris (menerima, menolak).
  3. Kalimat teks mekanisme kompleks banyak memakai kalimat perintah.
  4. Konsekuensi penggunaan kalimat perintah, banyak pula pemakaian kata kerja imperatif, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan. Contoh: Pahami kesalahan Anda, Jangan serahkan STNK atau SIM begitu saja, atau Terima atau tolak tuduhan.
  5. Ada langkah-langkah atau cara-cara yang sudah ditentukan untuk melaksanakan tujuan. Langkah-langkah sudah disusun berurutan. 
  6. Dalam teks mekanisme kompleks sering dijumpai syarat-syarat yang harus dipenuhi, kalau tidak terpenuhi maka langkah selanjutnya tidak sanggup dilaksanakan. Syarat-syarat atau pilihan dalam teks mekanisme kompleks diungkapkan dengan konjungsi jika, apabila, dan seandainya. Dalam petunjuk yang berupa resep, dikemukakan pula citra rinci perihal nama benda yang dipakai, termasuk jumlah, urutan, ataupun bentuknya.

b. Sedangkan berdasarkan Endah (2015: 89) ada ciri bahasa teks mekanisme kompleks. yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan penomoran yang mengatakan urutan atau tahapan
  • Menggunakan kata urutan seperti: pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
  • Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe hingga harum. Masukkan udang. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan bakso ikan, kecap, garam, merica, dan gula pasir. Aduk rata hingga matang.
2 Menggunakan kata yang mengatakan perintah seperti:
  • Panaskan Air
  • b. Masukkan ikan
  • c. Tuang kecap manis
  • d. Blender hingga halus
3 Menggunakan kata-kata yang menjelaskan kondisi, seperti:
  • Sampai mengembang
  • Sampai masak
  • Sampai kering

Kategorisasi teks mekanisme Kompleks

Sedangkan kategorisasi dari teks mekanisme kompleks yaitu sebagai berikut:

Menurut Kosasih, (2014: 67) terdapat tiga kategori teks mekanisme kompleks. Kategori tersebut yaitu penggunaan anak, aktivitas, dan kebiasaan. Berikut kategori yang dimaksud.
  1. Teks yang berisi cara memakai alat benda atau perangkat lain yang sejenis. Contoh: cara memakai komputer, cara memakai telepon genggam, dan cara mengendarai mobil.
  2. Teks yang berisi cara melaksanakan aktivitas. Contoh: cara melamar pekerjaan, dan cara berolahraga bagi pederita jantung.
  3. Teks yang berisi kebiasaan. Contoh: cara hidup sehat dan cara mencar ilmu efektif.
Pembagian kategori teks mekanisme kompleks berdasarkan Kosasih masih bersifat umum. sedangkan kategorisasi teks mekanisme kompleks berdasarkan tujuan penulisan teks mekanisme kompleks. Berikui ini akan dideskripsikan kategorisasi teks mekanisme kompleks.
  1. Teks mekanisme kompleks cara pelayanan jasa. Contohnya: cara daftar bpjs kesehatan mandiri, dan cara mendapatkan pemberian hukum.
  2. Teks mekanisme kompleks cara mengurus surat penting. Contohnya: cara mengurus KTP, cara mengurus SIM, dan cara mengurus surat nikah.
  3. Teks mekanisme kompleks cara menciptakan produk makanan atau minuman. Contohnya: cara menciptakan nasi goreng, cara menciptakan pisang goreng, cara memasak sayur asem, cara menciptakan es krim, dan cara menciptakan kopi.
  4. Teks mekanisme kompleks cara menciptakan produk kerajinan. Contohnya: cara menciptakan baju, cara menciptakan kerajinan dari bambu, cara menciptakan gelas dari botol kaca, cara menciptakan batik, dan cara menciptakan lampu hias.
  5. Teks mekanisme kompleks cara melaksanakan aktivitas. Contohnya: cara melamar pekerjaan, cara menanam padi, cara mencangkok pohon, cara membudidayakan lele, dan aturan keselamatan berkendara.
  6. Teks mekanisme kompleks cara memakai alat. Contohnya: cara menggunakan komputer, cara mengoperasikan telepon, cara mengganti bolam pada senter.
  7. Teks mekanisme kompleks cara menuntaskan pekerjaaan atau masalah. Contohnya: kiat mengusir nyamuk, dan mekanisme pembayaran tilang kendaraan

Contoh teks Prosedur Kompleks

Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Komputer yaitu salah satu produk yang paling mempunyai kegunaan di masa ini. Adanya komputer menciptakan banyak pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Menulis menjadi lebih rapi, mengusut pekerjaan menjadi lebih cepat, dan berkomunikasi semakin mudah. Di dalam dunia komputerisasi, ada satu hal yang harus kita perhatikan, yaitu perawatan komputer. Komputer yang dirawat dengan baik akan menghasilkan daya guna dalam periode yang lebih lama, sebaliknya, komputer akan cepat rusak apabila tidak kita perhatikan secara detail perawatannya. 

Perawatan komputer mencakup banyak bagian, dan salah satu bab yang tampak sepele namun harus kita perhatikan dengan baik yaitu perihal mematikan komputer. Perlu Anda ketahui, bahwa kita dihentikan mematikan komputer hanya dengan menekan tombol power. Aktivitas tersebut apabila dilakukan secara berulang-ulang akan merusak komponen-komponen komputer itu sendiri. Bagaimana cara mematikan komputer dengan benar? Ikuti klarifikasi rinci berikut ini.

1. Pastikan semua aplikasi telah ditutup
Salah satu kesalahan pengguna komputer dalam mematikan komputer yaitu membiarkan semua acara dan dokumen masih berjalan. Akibatnya, ada beberapa dokumen yang lupa untuk disimpan dan hilang begitu saja. Pastikan Anda mematikan atau menutup dan menyimpan semua pekerjaan Anda. Tutup semua aplikasi menyerupai microsoft word dan microsoft excel sebelum Anda mematikan komputer. 

2. Arahkan kursor ke bab kanan dan cari tombol setting
Pada windows 8, Anda diharuskan untuk mengarahkan kursor ke bab kanan. Nantinya akan muncul banyak tombol. Pilih tombol setting dan sesudah Anda melaksanakan klik, maka akan muncul tombol power. Klik tombol tersebut, maka terdapat 3 pilihan yang muncul. Pilihan pertama yaitu sleep, dimana Anda hanya menciptakan komputer menyerupai insan tidur yang kapan saja bisa dibangunkan atau dihidupkan kembali. Pilihan kedua yaitu tombol restart yang gunanya untuk mematikan dan lalu menghidupkan kembali komputer Anda. Pilihan ketiga yaitu shut down yang mempunyai kegunaan untuk mematikan komputer secara total.

Untuk mematikan komputer secara total, pilih tombol shut down dan beberapa detik lalu komputer sudah Anda matikan dengan benar.
LihatTutupKomentar