-->

Sejarah: Isi Perjanjian Renville, Tujuan & Dampak

Sejarah: Isi Perjanjian Renville, Tujuan & Dampak| Isi Perjanjian Renville merupakan persetujuan yang telah diadakan perundingan-perundingan yang menghasilkan isi persetujuan atau perjanjian-perjanjian disebut perjanjian renville atau persetujuan renville, Perjanjian renville merupakan negosiasi yang dilangsungkan dikapal renville, kapal milik AS pada bulan Desember 1947 sehingga nama dari persetujuan atau perjanjian renville diambil dari negosiasi yang terjadi di kapal Renville, didalam persetujuan itu terdapat banyak sekali point atau isi pokok dalam persetujuan atau perjanjian dalam perjanjian renville dan didalam perjanjian atau persetujuan renville mempunyai jawaban bagi indonesia karna sangat merugikan didalam isi pokok persetujuan tersebut dan risikonya tindakan belanda tidak berhenti atau lenyap tetapi semakin bertambah dan kekisruhan dalam indonesia semakin bertambah dikarenakan jawaban dari isi pokok persetujuan atau perjanjian renville.
Persetujuan atau perjanjian renville menciptakan belanda melaksanakan banyak sekali tindakan-tindakan tampa adanya izin atau persetujuan kepada indonesia sehingga perjanjian renville tidak membuahkan hasil atau menguntungkan indonesia, Untuk lebih mengetahui jawaban dari persetujuan renville bagi Republik Indonesia serta tindakan-tindakan belanda setelah persetujuan atau perjanjian renville antara lain.

PERSETUJUAN RENVILLE 
Dengan perantaraan KTN akhirnya sanggup diadakan negosiasi kembali. Perundingan dilangsungkan di atas kapal Renville, milik AS pada bula Desember 1947. Delegasi indonesia diketuai oleh Amir Syarifuddin. Sedang delegasi Belanda diketuai oleh Abdulkadir Wijoyoatmojo. Perundingan tersebut menghasilkan Persetujuan Renville yang ditandatangani oleh kedua pihak pada bulan januari 1948

Isi Pokok Perjanjian Renville atau Persetujuan Renville

Isi pokok Persetujuan Renville ialah:...
  • Belanda tetap berdaulat atas seluruh Indonesia hingga kedaulatan diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat, yang segera harus dibentuk.
  • RIS mempunyai kedudukan sejajar dengan Negeri Belanda dalam UNI Indonesia-Belanda.
  • Republik Ihdonesia akan merupakan Negara-bagian dan RIS.
  • Sebelum RIS terbentuk Belanda sanggup menyerahkan sebagian kekuasaannya kepada suatu Pemerintah Federal Sementara.
  • Pasukan Republik Indonesia yang beradadidaerah pendudukan harus ditarik ke tempat Republik Indonesia.

 Dampak Perjanjian Renville atau Akibat Perjanjian Renville

Akibat Persetujuan Renville bagi Republik Indonesia:....
1. Kabinet Amir Syanfuddin bubar (Januari, 1948). Karena budi politiknya yang menyetujui Persetujuan Renville ditentang keras oleh sebagian besar rakyat dan Partai-partai. Persetujuan itu sangat merugikan bangsa Indonesia.
2. Wilayah kekuasaan Republik Indonesia makin berkurang. Daerah-daerah yang direbut Belanda dalam Perang Kolonial I lepas dan Republik Indonesia. Wilayah Repubik, baik di Jawa maupun di Sumatra terpecah-pecah. Daerah satu dengan tempat yang lain terpisah oleh tempat pendudukan Belanda.
3. Medan usaha bersenjata makin menyempit. Ribuan pasukan Republik terpaksa harus hijrah dan daerah-daerah pendudukan. Padahal mereka selalu melancarkan perang gerilya di belakang gáris pertahanan tentera Belanda.

Tindakan Belanda Sesudah/Setelah Perjanjian Renville atau Pelanggaran Belanda Terhadap Perjanjian Renville

Perundingan politik antara Indonesia dan Belanda terus dilakukan guna melaksanakan Persetujuan Renville. Akan tetapi negosiasi itu tidak memperoleh hasil, alasannya perilaku pendinian kedua pihak sangat bertentangan. Pihak Belanda yang merasa kedudukannya makin berpengaruh selalu berusaha mendiktekan kemauannya. Tanpa persetujuan Pemerintah Republik Indonesia (Kabinet Hatta) Iebih dulu. Belanda melaksanakan tindakan-tindakan sebagai berikut:
1. Di Jakarta pada bulan Maret, 1948 Belanda membentuk Pemerintah Federal Sementara. Van mock diangkat menjadi Presidennya
2. Membenuk Negara-boneka sebanyak-banyaknya di daerah-daerah yang berhasil diduduki/kuasai.

Tujuannya:
"untuk menawarkan kepada dunia internasional bahwa Republik Indonesia hanyalah salah satu negara keciI yang terdapat di wilayah Indonesia"
 Isi Perjanjian Renville merupakan persetujuan yang telah diadakan negosiasi Sejarah: Isi Perjanjian Renville, Tujuan & Dampak
Kapal Renville Tempat Perjanjian Renville

Negara-Negara Boneka Yang Berhasil Di Bentuk Belanda

Adapun Negara-boneka yang berhasil dibuat ialah:
  • Negara Madura dengan Cakraningrat sebagai Presiden (februari, 1948).
  • Negara Pasundan dengan Wiranatakusuma sebagai WaIi Negara (April, 1948). Negara Pasundan yang usang di bawah pimpinan Surya Kartalegawa dianggap tidak memadai.
  • Negara Sumatra -Selatan dengan Presiden Abdul Malik.
  • Negara Jawa- Timur dengan Presiden Kusumonegoro.

Daerah-Daerah Otonom Belanda

Kecuali membentuk Negara boneka, Belanda juga membentuk apa yang disebut sebagai Daerah Otonomi. Berturut-turut dibuat Daerah Otonom. 
  • KalimantanTimur.                            
  • KahmantanTenggara.                            
  • DayakBesar.                                           
  • Banjar.
  • Bangka
  • Belitung.
  • Riau      
  • Jawa-Tengah.
Dapatlah kita bayangkan betapa kecil wilayah-kekuasaan Negara Republik. Indonesia pada tahun 1948, kalau diingat sebelum membentuk Negara-negara boneka dan daerah-daerah Otonom tersebut di atas, Belanda telah membentuk NIT pada tahun 1946 dan Negara Sumatra Timur pada tahun 1947.

 Isi Perjanjian Renville merupakan persetujuan yang telah diadakan negosiasi Sejarah: Isi Perjanjian Renville, Tujuan & Dampak

Baca Juga:  

Sejarah: Isi Perjanjian Konfrensi Meja Bundar (KMB), Tujuan & Dampak KMB
Isi Perjanjian Linggarjati & Tujuan Perjanjian Linggarjati
Sejarah: Isi Perjanjian Bongaya
Sejarah: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia RI

Demikianlah warta mengenai  Sejarah: Isi Perjanjian Renville, Tujuan & Dampak. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu sejarah perjanjian renville, latar belakang perjanjian renville, tujuan perjanjian renville, isi perjanjian renville, tempat perjanjian renville, alasan perjanjian renville, dampak perjanjian renville, atau jawaban perjanjian renville. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.  

Referensi: Sejarah: Isi Perjanjian Renville, Tujuan & Dampak
LihatTutupKomentar