-->

Pengertian Logam Dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Hallo Agan…Logam merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi kehidupan manusia, hampir semua benda yang dimiliki insan pada ketika ini mempunyai unsur logam di dalamnya, misalkan Smarphone mengandung membuatkan unsure logam, pisau rumah tangga, bagian-bagian kendaraan bermotor, kaleng minuman dan benda-benda lainnya di sekitar kita.

Nah, berbicara perihal logam, tahukah agan bahwa logam mempunyai jenis-jenis dan nama yang berbeda beda diantaranya besi, alumunium, perunggu, timah, kobalt seng dan logam yang lainnya. Jenis-jenis logam tersebut bisa tercipta dari alam atau tercipta lantaran mencampur logam satu dengan logam yang lainnya dengan pinjaman manusia.

Baca juga: 10 logam yang merupakan konduktor terbaik

Nah apa sajakah jenis-jenis logam tersebut? Baca postingan di bawah ini!

1. Besi

Logam merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi kehidupan insan Pengertian Logam dan Jenis-Jenisnya Lengkap




Besi yakni logam yang berasal dari bijih besi (hasil tambang) yang banyak dipakai untuk kehidupan insan sehari-hari dalm tbel periodik, besi mempunyai symbol Fe dan mempunyai omor atom 26. Besi juga mempunyai nilai hemat yang tinggi.

Besi merupakan logam yang paling banyak dan paling bermacam-macam penggunaannya. Hal itu dikarenakan beberapa hal seperti: Limpahan besi di kulit bumi cukup besar, Pengolahannya relatif gampang dan murah, serta besi mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan serta gampang dimodifikasi.

Salah satu kelemahan besi yakni besi gampang mengalmi korosi. Korosi menyebabkan banyak kerugian lantaran mengurangi umur pakai aneka macam barang atau bangunan yang berbahan besi dan baja.


2. Baja

Coba Agan pikirkan! Bagaimana menara Eifel di Paris Perancis bisa berdiri kokoh setinggi 300 meter dan tetap sanggup bertahan bertahun-tahun meskipun terkena hempasan angin besar lengan berkuasa maupun gempa? Salah satunya alsannya yakni disebabkan lantaran struktur dan materi dasar bangunan yang besar lengan berkuasa yaitu baja. Tahukah Agan apa itu baja?
Baja atau disebut besi hitam biasanya dipakai sebagai komponen utama pada mesin, rangka mobil, kapal, kereta, perkakas, senjata, dan sebagai rangka bangunan. Baja bahwasanya merupakan logam paduan (alloy) antara logam besi (Fe) sebagai materi utama dengan karbon (C) sekitar 0,2% sampai 2,1%. Selain karbon dalam baja juga terkandung mangan (Mn), fosfor (P), belerang (S), silicon (Si), dan sebagian kecil oksigen (O), nitrogen (N), dan alumunium (Al). Peningkatan kualitas baja biasanya dilakukan dengan penambahan nikel (Ni), krom (Cr), molybdenum (Mo), boron (B), titanium (Ti), vanadium (V), dan niobium (Nb). Fungsi unsur karbon dalam baja yakni sebagai materi pengeras dan meningkatkan kekuatan tariknya sehingga sanggup mencegah pergeseran atom-atom dalam logam baja. Hal ini disebabkan lantaran karbon sanggup mengisi ruang kosong antar atom besi pada ikatan logam sehingga lebih rapat dan keras.

3. Stainless steel (Baja tahan karat)

Baja yakni logam yang sangat kuat, tetapi baja akan menjadi ringkih lantaran terkena korosi. Guna mencegah terjadinya korosi, biasanya pada  baja akan ditambahkan dengan  kromium (Cr) minimal 11% dari total bahan. Penambahan kromium (Cr) akan membentuk lapisan yang keras pada permukaan baja dan dikenal dengan stainless steel (baja tahan karat). Stainless steel ini banyak dipakai sebagai materi dalam pembuatan alat-alat dapur menyerupai kompor maupun, sendok, wajan,panic dan sebagai materi dalam pembuatan pagar.

4. Kromium

Kromium yakni logam yang mempunyai lambing Cr. Kromium mempunyai sifat berkilau, keras dan bewarna perak abu-abu dan tahan karat. Kromium biasanya dipakai untuk melapisi logam-logam lain menyerupai baja dan menghasilkan logam gres yaitu stainless steel. Selain pelapis logam kromium juga dipakai sebagai pelapis ornament-ornamen bangunan, komponen kendaraan dan pe;apis pelengkap yang terbuat dari emas.

5. Seng (Zink)

Seng atau zink yakni logam yang dengan lambing Zn. Seng telah usang dipakai paling tidak semenjak periode ke-10 SM. Logam seng merupakan logam yang berwarna putih kebiruan, berkilau dan bersifat diamagnetik. Walaupun demikian seng yang kebanyakan di jual oleh pemilik took material tidak berkilau. Seng mempunyai karakteristik kurang padat dibandingkan besi  dan mempunyai struktur Kristal heksagonal. Logam seng merupakan logam yang keras dan ringkih pada aneka macam macam suhu dan sanggup ditempa pada suhu 100-150 derajat celcius. Seng juga lebih bisa menghantarkan listrik daripada logam-logam lainnya dan seng mempunyai titik lebur terendah diantara semua logam lainnya.

6. Galvanum (Baja Ringan)

Jika Agan melihat rumah yang sedang dibangun, adakalanya kau melihat rangka atap berwarna putih atau perak. Tahukah kau apa itu? Rangka atap tersebut yakni baja ringan atau disebut galvanum.

Galvanum merupakan logam baja tipis yang dilapisi oleh gabungan logam yang terdiri atas alumunium (Al) sebanyak 55%, seng (Zn) sebanyak 43%, dan silicon (Si) sebanyak 1,6%. Jika dibandingkan dengan kayu sebagai atap rumah material galvanum lebih ramah lingkungan, anti karat, dan mempunyai ketahanan sangat tinggi.

7. Perunggu

Perunggu merupakan logam gabungan yang mengandung tembaga (Cu) sebagai komponen utamanya dengan jenis logam lain menyerupai timah (Sn). Selain dengan timah logam lain yang sanggup dicampurkan yaitu mangan (Mn), aluminium (Al), fosfor (P), atau silikon (Si). Pada umumnya, dalam perunggu terkandung tembaga sebesar 88% sedangkan 12% yakni timah.

Titik lebur dari perunggu beragam, tergantung dengan perbandingan komponen penyusunnya. Umumnya perunggu mempunyai titik lebur 950 C. Perunggu juga tidak sanggup ditarik magnet. Tetapi, bila dalam pembuatannya diberi unsur besi atau nikel maka juga sanggup ditarik magnet. Perunggu ini lebih besar lengan berkuasa dari pada logam tembaga dan dipakai secara luas dalam industri. Perunggu juga tahan terhadap korosi akhir air laut, sehingga perunggu banyak dipakai sebagai kincir kapal dan pecahan lain dari kapal yang bekerjasama dengan air laut. Selain itu perunggu juga banyak dipakai pembuatan prasasti, alat musik gong dan alat gamelan, serta dipakai untuk menciptakan medali.

8.Timah

Timah merupakan logam yang tidak gampang teroksidasi sehingga timah tahan dengan karat, biasanya timah dipakai untu melapisi logam lainnya biar logam tersebut juga tahan terhadap karat. Timah diperoleh dari mineral kasiterit yang terbentuk sebagai oksida.

9. Tembaga

Tembaga merupakan unsure kimia logam yang mempunyai lambing Cu. Tembaga merupan konduktor yang mengalirkan listrik dan panas dengan baik oleh lantaran itu tembaga merupakan logam yang dipakai untuk menciptakan isi kabel. Tembaga murni mempunyai sifat halus dan lunak serta bewarna jingga kemerahan. Biasanya tembaga akan dicampur dengan timah untuk menciptakan logam perunggu.

10. Kuningan

Kuningan merupakan logam paduan antara tembaga (Cu) dan seng (Zn). Perbandingan antara tembaga dan seng beragam, tergantung dengan karakteristik kuningan yang ingin dihasilkan. Namun, umumnya kadar tembaga antara 60-90% dari massa total. Kuningan banyak dipakai sebagai dekorasi lantaran mempunyai warna yang cerah menyerupai emas. Selain itu kuningan juga banyak dipakai sebagai materi dalam menciptakan alat-alat rumah tangga dan alat musik menyerupai terompet dan snar drum.
Tahukah Agan bahwa kandungan tembaga dalam kuningan bisa membunuh kuman menyerupai Staphylococcus aureus, E. coli, dan Pseudomonas aeruginosa dalam waktu beberapa menit sampai beberapa jam sesudah menempel. Tembaga ini sanggup membunuh mikroorganisme tersebut dengan beberapa mekanisme, antara lain: merusak struktur membran sel kuman sehingga kuman sanggup mati, menganggu keseimbangan ion dalam bakteri, mengganggu tekanan osmosis, dan membentuk senyawa hidrogen peroksida (H2O2) pada membran bakteri.

11. Kobalt

Kobalt merupakan logam yang bewarna abu-abu perak yang eras dan berkilau yang mempunyai lambing Co dan nomor atom 27 yang biasa dipakai pada kertas perak dan kawat.

12. Nikel

Nikel merupakan unsure kimia logam dengan lambing Ni.Nikel yakni logam yang memilki sifat tahan karat. Nikel murni bersifat lembek, tetapi bila dipadukan dengan besi dan, krom dan logam lainnya maka sanggup membentuk baja yang keras dan tahan karat.


Demikian postingan saya perihal pengertian dan jenis-jenis logam lengkap semoga bermanfaat bagi agan sekalian.
LihatTutupKomentar