-->

Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Fungsi Sastra

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsi Sastra| Hai teman-teman kali ini mengenai pengertian sastra, ciri-ciri sastra, fungsi dan jenis-jenis karya sastra. Pertama-tama dimulai dengan pengertian sastra. Secara umum, Pengertian Sastra yakni suatu karya yang indah baik itu goresan pena dan lisan. Berdasarkan dari asal usul, definisi sastra diistilahkan sebagai kesustraan yang berasal dari bahasa sansekerta, yaitu sastra. su yang berarti bagus atau indah, sedangkan dari sastra yang berarti buku, goresan pena atau huruf. Secara etimologi, dari arti kedua kata tersebut sanggup disimpulkan bahwa arti susastra atau sastra  yakni goresan pena yang indah.

Istilah sastra terus mengalami perkembangan. Kesusastraan tidak hanya berupa dengan tulisan, tetapi kesusastraan ada yang berbentuk lisan. Karya semacam itu dinamakan dengan sastra lisan. Oleh alasannya itu, kini yang dinamakan dengan kesusastraan mencakup karya sastra ekspresi dan tertulis dengan ciri khasnya terdapat pada keindahan bahasanya.

1. Ciri-Ciri Karya Sastra - Sastra mempunyai karakteristik yang sanggup digolongkan atau dinamakan karya sastra. Ciri-ciri karya satra yakni sebagai berikut...
  • Isinya menggambarkan insan dengan banyak sekali persoalannya
  • Bahasanya yang indah atau tertata baik 
  • Gaya penyajiannya menarik yang berkesan di hati pembacanya
2. Fungsi Karya Sastra - Dalam membuat sebuah karya sastra mempunyai fungsi yang bertujuan bagi para pembaca dan pendengar. Fungsi karya sastra yakni sebagai berikut...
  • Fungsi rekreatif yakni memperlihatkan kesangan atau hiburan bagi pembacanya 
  • Fungsi didaktfi yakni memperlihatkan wawasan pengetahuan mengenai seluk-beluk kehidupan insan bagi pembacanya
  • Fungsi estetis yakni sastra bisa memperlihatkan keindahan pembacanya
  • Fungsi moralitas yakni memperlihatkan pengetahuan bagi pembacanya mengenai watak yang baik dan buruk.
  • Fungsi religius yakni sastra menghadirkan karya yang didalamnya mengandung fatwa agama yang diteladani oleh pembacanya.  
Baca Juga : 
Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen 
Ciri-Ciri Karya Sastra Melayu Klasik 
Pengertian Pantun dan Bentuk-Bentuk Pantun 
Pengertian Kurikulum Menurut Definisi Para Ahli
Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Terbaru
Pengertian Paragraf Persuasif dan Contohnya
Macam-Macam Pola dalam Paragraf Deskripsi 
Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi


Demikianlah isu mengenai  Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsi Sastra. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat baik itu pengertian sastra, ciri-ciri karya sastra, fungsi karya sastra. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".
LihatTutupKomentar