-->

Kunci Tanggapan Dan Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2

Setelah kau selesai mengerjakan soal Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas IPA kelas 11 semester 2, ada baiknya kau mengusut hasil pekerjaanmu disini. Kami telah menyediakan kunci balasan lengkap beserta cara kami menuntaskan soal. Jika ada kesalahpahaman atau yang kurang dimengerti, silakan tanya di kolom komentar dibawah.



1. Perhatikan paragraf kedua! Tokoh “aku” menyampaikan bahwa ketika ini ia sedang memandang langit pagi awal 2008 yang tidak terlalu cerah. (Jawaban: E)
2. Pilihan C lebih mendeskripsikan kondisi tempat tersebut dan menggambarkan bahwa tokoh “aku” sedang berada di sebuah tempat yang mempunyai jalan menurun, curam, berbatu-batu besar, dan di sisi kiri-kanannya terdapat banyak dahan berduri. Sedangkan pada pilihan lain tidak menggambarkan dengan terperinci latar tempat. (Jawaban: C)
3. Narator ialah orang yang bertugas untuk menceritakan kepada penonton mengenai isi dongeng dalam sebuah drama. Antagonis ialah tokoh yang bertentangan dengan protagonis. Protagonis ialah tokoh utama dalam sebuah drama. Tritagonis ialah kiprah pendamping. Sutradara ialah orang yang mengarahkan sebuah film. (Jawaban: C)
4. Ringkasan haruslah sanggup memperlihatkan suatu informasi dalam sebuah produk dengan ringkas namun menyeluruh sehingga kita sanggup mengetahui isi produk tersebut secara keseluruhan. (Jawaban: A)
5. Kelakuan Datuk Maringgih sesuai kutipan dongeng tersebut sanggup disebut licik sebab menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan orang yang tidak disukainya. Dia tidak cocok disebut tamak dan suka uang sebab ia tidak merampas kekayaan Baginda Sulaiman. (Jawaban: A)
6. Penyusun editorial ialah staf redaksi. Wartawan lepas hanya bertugas untuk memberikan isu di suatu tempat. Sastrawan ialah penulis buku bukan penulis berita. Pengamat politik ialah tokoh yang seringkali dijadikan narasumber. Sedangkan kolumnis ialah penulis suatu kolom pada surat kabar. (Jawaban: C)
7. Biografi terkenal ialah biografi yang menekankan penggambaran riwayat hidup seseorang secara jelas. Sedangkan bibilografi sama artinya dengan daftar pustaka. (Jawaban: B)
8. Isi pokok paragraf merupakan hal utama yang dibahas di paragraf tersebut. Bacaan tersebut membuktikan bahwa isi pokoknya ialah wacana penggunaan bahasa di televisi yang memengaruhi penggunaan bahasa masyarakat melalui aneka macam tayangan. (Jawaban: B)
9. Perhatikan kalimat terakhir! Dalam kalimat tersebut terdapat alasan dilakukan penelitian. Kalimat semacam itu biasa terdapat di latar belakang. (Jawaban: A)
10. Kutipan diskusi tersebut membahas dampak positif dan negatif yang ditimbulkan akhir pembangunan. Penyaji menyampaikan bahwa pembangunan sanggup menjadikan dampak negatif. Sedangkan penanya tidak hanya melihat dari sisi negatif, melainkan juga melihat dari sisi positif. (Jawaban: A)
11. Kutipan makalah tersebut merupakan potongan kesimpulan. Makalah tersebut membahas tetang efek penggunaan materi organik dalam budi daya jagung manis. (Jawaban: E)
12. Isi pokok kutipan makalah tersebut ialah penggunaan materi organik dalam budi daya jagung manis. Syarat budi daya jagung manis dengan pertanian organik dan pengenalan tanaman organik tidak dibahas di kutipan makalah. Sedangkan sisanya dibahas namun tidak mengungkapkan isi kutipan makalah secara keseluruhan. (Jawaban: C)
13. Pilihan A salah sebab seharusnya umur produksinya lebih singkat. Pilihan B benar (lihat kalimat 4). Pilihan C salah sebab seharusnya jagung manis yang lebih banyak mengandung vitamin. Pilihan D dan E salah sebab seharusnya memakai materi organik. (Jawaban: B)
14. Teks tersebut membahas bermacam-macam cara untuk menurunkan berat badan. (Jawaban: A)
15. Gagasan utama ialah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Kalimat utama sanggup berada di depan paragraf (deduktif), di belakang paragraf (induktif), dan keduanya (campuran). Dari paragraf tersebut, sanggup dilihat bahwa gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama. (Jawaban: A)
16. Tanggapan haruslah diucapkan dengan santun walaupun isinya menolak pendapat penyaji. (Jawaban: D)
17. Notulen rapat ialah catatan mengenai perjalanan acara rapat. Hal yang tidak termuat dalam notulen rapat ialah biaya pelaksanaan. (Jawaban: D)
18. Pada kutipan cerpen tidak ada yang menyebut “jalan depan rumah”. Sedangkan ruang tengah sanggup juga disebut ruang tamu. (Jawaban: E)
19. Salah satu tahap alur ialah pengenalan masalah. Alur ini mempunyai ciri terdapat perkenalan tokoh, watak, beserta permasalahannya. Alur ini biasa terdapat di awal cerpen. Berdasarkan ciri tadi, maka kutipan dalam cerpen tersebut merupakan alur pada tahap pengenalan masalah. (Jawaban: A)
20. Kutipan cerpen tersebut menceritakan hal yang terjadi di masa kemudian pada paragraf awal dan masa sekarang pada paragraf akhir. Alur semacam ini disebut alur campuran. (Jawaban: E)
21. Informasi penting ialah informasi yang dibahas dalam sebuah paragraf. Sifat informasi ialah memberitahu. Dalam paragraf tersebut yang paling dibahas ialah anak yang terlalu sering menonton televisi berisiko menderita obesitat beserta beberapa alasan ilmiahnya. (Jawaban: B)
22. Paragraf soal ialah paragraf yang mempertanyakan suatu masalah. Dalam makalah, paragraf soal biasa terdapat di rumusan masalah. (Jawaban: D)
23. Lihat kalimat terakhir! Disana terdapat kata “memang” yang berarti akseptor diskusi oke dengan pernyataan moderator. (Jawaban: A)
24. Jawaban yang sempurna ialah balasan yang meliputi keseluruhan isi pernyataan akseptor diskusi. Sehingga inti informasi yang sempurna ialah masyarakat pinggir sungai suka membuang sampah di sungai. (Jawaban: B)
25. Untuk menjawab soal ini, kau harus membaca keseluruhan isi diskusi dan memperhatikan apa yang dibahas disana. Jawaban yang sempurna ialah balasan yang memperlihatkan citra menyeluruh sesuai apa yang kau ketahui dari kutipan diskusi tersebut. Sehingga balasan yang sempurna ialah kelebihan dan kendala menerapkan pertanian organik. (Jawaban: B)
26. Cara menjawab soal semacam ini ialah mencocokan balasan satu persatu dengan isi kutipan diskusi. Sebaiknya kau sudah membaca isi kutipan diskusinya. Pernyataan yang sempurna sesuai dengan isi kutipan diskusi terdapat dalam kalimat “pertanian organik sangat ramah lingkungan dan hasil panennya bebas dari residu”. (Jawaban: C)
27. Kalimat simpulan berisi solusi atas sebuah duduk masalah yang didiskusikan dan tentu saja sesuai dengan isi kutipan diskusi. Jadi, kalimat simpulan yang sempurna ialah “petani harus diberi pemahaman terhadap pertanian organik sebab pertanian organik bebas residu dan ramah lingkungan”. (Jawaban: A)
28. Ketika kau menjawab soal ini, jangan hingga kau memakai opini kau sendiri meskipun itu memang benar. Sesuai dengan soal, tanggapan haruslah SESUAI dengan isi diskusi. Sehingga balasan yang benar ialah “menurut saya, pertanian organik sangat manis sebab sanggup melestarikan alam dan kondusif bagi kesehatan sebab bebas residu”. (Jawaban: D)
29. Pastikan kau sudah memahami isi obrolan tersebut. Cocokan juga pilihan balasan yang ada dengan isi obrolan sebab ada beberapa pilihan yang tidak sesuai menyerupai B, C, dan E. Pilihan D memang sesuai, namun tidak menjadi bahasan pokok dalam diskusi tersebut. Sehingga pilihan A yang paling tepat. (Jawaban: A)
30. Pilihan A, B, D, dan E tidak sesuai walaupun secara logika memang benar. Berdasarkan diskusi tersebut, memang benar bahwa fatwa dana pemerintah bagi pendidikan di kawasan pedalaman tidak jelas. (Jawaban: C)
31. Soal ini memakai logika kau untuk menjawabnya. Perhatikan dengan s3ksama tema yang diberikan dan pilihan balasan yang ada. Perhatikan mana rumusan duduk masalah yang berdasarkan kau paling penting untuk dibahas. Sehingga kau akan menemukan bahwa “bagaimana penanganan duduk masalah kebersihan di kota?” ialah rumusan duduk masalah yang paling tepat. (Jawaban: C)
32. Sebelum menjawab soal, ada baiknya kau menyimak paragraf tersebut dengan s3ksama. Jawaban harus bersifat umum bagi paragraf, sehingga balasan A, D, dan E diabaikan. “Manusia” dan “masyarakat” mempunyai makna yang berbeda. “Manusia” mempunyai pengertian lebih umum dibandingkan “masyarakat”, sedangkan dalam paragraf juga menyebut “industri”. Sehingga isi paragraf tersebut ialah pentingnya hutan bagi kehidupan manusia. (Jawaban: B)
33. Pernyataan, baik itu berupa persetujuan maupun penolakan, haruslah disampaikan dengan bahasa yang sopan dan santun. Pilihan A, B, C, dan E masih kurang sopan. Sehingga pernyataan yang sempurna ialah “saudara penyaji, saya sangat mendukung tema diskusi yang akan saudara sampaikan.” (Jawaban: D)
34. Tokoh, tema, amanat, dan alur merupakan unsur intrinsik dari sebuah karya sastra. Sedangkan biografi penulis merupakan unsur ekstrinsik karya sastra. (Jawaban: B)
35. Pilihan A, B, C, dan D tidak dibahas dalam kutipan tersebut. (Jawaban: E)
36. Untuk menjawab soal ini, kau harus mengamatinya dengan sangat cermat. Karena ada beberapa balasan yang tampak benar, namun sebetulnya salah hanya sebab ada satu kata yang tidak tepat. Pilihan A salah sebab yang benar ialah berlatar belakang santri dan masyarakat awam. Pilihan B salah sebab tidak ada tema kesetiaan. Pilihan C salah sebab tidak membahas wacana pribadi seseorang melainkan budbahasa terhadap diri sendiri. Pilihan D salah sebab yang sebetulnya ialah budbahasa kepada Tuhan. Pilihan E benar. (Jawaban: E)
37. Paragraf tersebut ialah paragraf deduktif yang berarti gagasan utamanya berada di awal paragraf. Kami mohon maaf, sebetulnya kutipan tersebut terdiri dari dua paragraf. Gagasan utamanya adalah “Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen.” (Bonus)
38. Presentasi haruslah disampaikan dengan singkat, jelas, dan menarik sehingga tidak menciptakan para pendegar bosan. Topik utama dalam kutipan hasil penelitian tersebut ialah cerpen sebagai media pendidikan budbahasa dan pembahasan wacana kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri. (Jawaban: C)
39. Gagasan utama pada tajuk rencana tersebut berada di awal paragraf (deduktif) dan juga membahas televisi, gaya hidup, dan anak. Sehingga gagasan utama yang sempurna ialah tayangan televisi memengaruhi gaya hidup anak. (Jawaban: D)
40. Cara tercepat untuk menjawab soal menyerupai ini ialah dengan mencocokan balasan dengan kenyataan yang ada di bacaan. Pilihan B, C, D, dan E kurang sesuai. (Jawaban: A)
41. Sikap positif haruslah memotivasi, menginspirasi, dan memperlihatkan dampak positif bagi banyak orang. Sehingga jawaban A, B, dan C sanggup diabaikan. Jawaban juga harus sesuai dengan isi kutipan sehingga balasan D sanggup diabaikan. (Jawaban: E)
42. Perilaku yang sanggup diteladani haruslah yang positif menyerupai mendapat penghargaan, kesuksesan, dan semangat pantang menyerah. Jawaban juga harus sesuai dengan isi kutipan. (Jawaban: A)
43. Latar tempat yang sempurna haruslah yang terjadi ketika ini dalam dongeng dan harus lebih spesifik. Sehingga pada kutipan hikayat, latar tempatnya ialah di pagar anjungan istana (kalimat pertama). Sedangkan pada kutipan novel terjemahan, latar tempatnya berada di pondok dan lokasi pemakaman (kalimat pertama dan terakhir). (Jawaban: A)
44. Nilai yang tampak pada kutipan hikayat ialah kesetiaan sebab Gadis Cik Inam setia menunggu kepulangan Muda Cik Leman dan Anggung Selamat dengan selamat. Sedangkan nilai yang tampak pada kutipan novel terjemahan ialah budaya sebab ada tradisi makan bersama sesudah melaksanakan prosesi pemakaman. (Jawaban: E)
45. Pilihan B, D, dan E justru sebaliknya. Sedangkan pilihan C kurang sempurna sebab yang ditanyakan ialah kesedihan seorang anak putus sekolah bukannya kesedihan seorang ibu yang anaknya putus sekolah. (Jawaban: A)
46. Biografi ilmiah, biografi populer, dan biografi berat sangat mementingkan fakta. Sedangkan novel biografi dan cerpen biografi lebih mementingkan unsur khayalan. Namun, sebab yang ditanyakan ialah sebuah novel, berarti novel biografi ialah balasan yang paling benar. (Jawaban: B)
47. Karya ilmiah harus sesuai fakta empiris. Penggunaan imajinasi atau imajinasi tanpa alasan yang jelas sangat tidak dibenarkan. (Jawaban: E)
48. Etika dalam diskusi harus mengedepankan nilai-nilai kesopanan. Mendominasi pembicaraan sangat tidak sopan sebab tidak memberi kesempatan bagi orang lain untuk mengutarakan pendapatnya. (Jawaban: C)
49. Penggalan drama itu menceritakan bahwa Didik ingin mengajak Hendra ke luar kota, namun ibu Hendra sakit. Hendra menyampaikan bahwa ibunya sudah sembuh jadi ia sanggup ikut, namun ia minta izin kepada ibunya terlebih dahulu. (Jawaban: B)
50. Moderator dalam diskusi ialah orang yang memimpin, mengatur, dan memandu sebuah diskusi. Moderator juga membuka program diskusi. Moderator tidak mengatur akseptor diskusi, melainkan hanya mengatur proses penyampaiannya saja. (Jawaban: E)



Anda sanggup request artikel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke atau pribadi saja lewat kolom komentar :)
LihatTutupKomentar