-->

6 Cara Virus Menyerang Manusia

Virus yakni distributor penginfeksi yang hanya hidup di dalam sel organisme lain. Virus sanggup menyerang semua jenis makhluk hidup termasuk hewan, tumbuhan, dan bakteri. Virus menyerang insan dengan cara mengambil alih inti sel kemudian mengubah isinya untuk kepentingan perkembangbiakan virus. Proses tersebut melalui beberapa tahapan yang disebut siklus litik. Berikut yakni tahap-tahap virus menyerang manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Virus (Materi Lengkap Biologi)Virus yakni distributor penginfeksi yang hanya hidup di dalam  6 Cara Virus Menyerang Manusiasitoplasma sel inang. Asam nukleat harus berhasil menembus membran sel dan dinding sel (jika ada). Proses ini sanggup tidak boleh oleh sistem kekebalan tubuh.

3. Tahap Replikasi

Tahap replikasi yakni tahap penggandaan bahan genetik virus di dalam sel inang. Pada tahap ini, sel inang diambil alih oleh virus dengan cara “membajak” proses repliasi dan translasi sel, kemudian mengganti struktur DNA pada inti sel inang. Struktur DNA tersebut akan melaksanakan transkripsi menjadi mRNA dan mempengaruhi kinerja ribosom.

4. Tahap Sintesis

Tahap sintesis yakni tahap pembentukan komponen yang diperlukan virus untuk berkembang biak. Komponen tersebut yaitu asam nukleat dan protein yang akan dipakai untuk kapsid (selubung protein virus). Proses ini dibantu oleh nukleus yang sudah diambil alih oleh virus. Virus juga memanfaatkan proses metabolisme sel inang untuk mengembangbiakan bakal virus baru. Ada tiga tahap produksi protein virus yaitu kepala, DNA atau RNA (tergantung pada jenis virus), dan protein struktural (kepala dan ekor virus)

5. Tahap Pematangan

Tahap pematangan yakni tahap perakitan komponen-komponen virus yang berupa protein dan asam nukleat sehingga menjadi virus.

6. Tahap Pelepasan

Tahap pelepasan yakni tahap dimana virus keluar dari sel inang dengan cara memecahkan sel tersebut. Akibatnya, sel inang mati. Satu virus yang menyerang sel inang sanggup menghasilkan beberapa virus.


Referensi:

  1. Virus (https://en.wikipedia.org/wiki/Virus)
  2. Bagaimana cara kerja virus menyerang organisme hidup ? (https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120609124031AAbVhuj)
  3. Pengertian Kapsid Virus (http://www.sridianti.com/pengertian-kapsid-virus.html)
  4. Lytic cycle (https://en.wikipedia.org/wiki/Lytic_cycle)


Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

LihatTutupKomentar