-->

32 Pengertian Seni Berdasarkan Para Ahli

Seni yaitu ragam kegiatan insan dalam hal penciptaan karya visual, auditori, atau pertunjukan yang mengekspresikan imajinasi atau kemampuan teknis pencipta dengan tujuan untuk diapreasi keindahannya atau kekuatan emosinya. Sesungguhnya, sulit mendefinisikan secara universal apa itu seni. Karena setiap orang punya pandangannya masing-masing. Ada yang menyampaikan itu seni, dan ada juga yang tidak. Maka dari itu, kita harus memahami pengertian seni dari aneka macam sudut pandang orang-orang yang sudah hebat di bidangnya. Berikut yaitu beberapa pengertian seni berdasarkan para ahli. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Pengertian Seni (Artikel Lengkap)

Seni yaitu ragam kegiatan insan dalam hal penciptaan karya visual 32 Pengertian Seni Menurut Para Ahliseni yaitu kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa semenjak lahir. Sedangkan berdasarkan kajian ilmu, seni yaitu suatu media yang sanggup melaksanakan suatu acara tertentu.

3. Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Seni yaitu kemampuan dan kemahiran seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yang bersangkutan dengan kiprah dan fungsinya sebagai seniman.

4. Aristoteles

Seni yaitu hasil peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

5. Nanang Rizali

Seni yaitu manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta insan yang mencakup seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain.

6. Ki Hajar Dewantara

Seni yaitu hasil keindahan yang sanggup menggerakan perasaan indah orang yang melihatnya. Menurut beliau, perbuatan insan yang sanggup menimbulkan perasaan indah sanggup dikategorikan sebagai seni.

7. Al-Farabi

Seni yaitu ciptaan yang berbentuk keindahan.

8. Irma Damayanti

Seni yaitu intisari verbal dari aneka macam kreativitas manusia.

9. Al-Ghazali

Seni yaitu hasil kerja yang dilahirkan jiwa dan rasa insan sesuai dengan fitrahnya.

10. Plato dan Rousseau

Seni yaitu suatu hasil peniruan yang ada di alam dengan segala seginya.

11. Yekti Herlina

Seni yaitu media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain dengan tujuan menghipnotis pikirannya.

12. Kottak

Seni yaitu kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan, atau segala hal yang melebihi keasliannya serta penjabaran objek-subjek terhadap kriteria estetis.

13. Ahmad Zaenuri

Seni yaitu perjuangan seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yang sanggup diterima oleh dunia eksternal.

14. Ahdian Karta Miharja

Seni yaitu kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya sanggup membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.

15. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni yaitu gerakan batin dengan pengalaman gaya yang dikomunikasikan dalam struktur yang mulia, mempunyai kemampuan untuk memanggil perasaan keajaiban dan perasaan.

16. J.J. Hogman

Seni yaitu sesuatu yang mempunyai unsur ide, aktivitas, dan artefak.

17. Sartono Kartodirdjo

Seni yaitu sebuah sistem yang koheren, karya bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menyampaikan secara universal.

18. Drs. Sudarmaji

Seni yaitu segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan memakai media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

19. Popo Iskandar

Seni yaitu hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

20. Ira Ardianti

Seni yaitu sebuah proses dan produk dalam menentukan media, suatu pedoman peraturan untuk memakai media itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dituangkan melalui verbal lewat media itu, baik berupa gagasan, sensasi, perasaan, maupun kepercayaan dengan cara yang seefektif mungkin.

21. Schopenhauer

Seni yaitu setiap perjuangan dalam membuat segala bentuk yang sanggup menyenangkan perasaan.

22. Koentjaraningrat

Seni yaitu suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks acara dan tindakan berpola dari insan dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

23. Eric Ariyanto

Seni yaitu suatu kegiatan rohani atau acara batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang sanggup membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

24. William A. Haviland

Seni yaitu penggunaan imajinasi insan secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

25. Harry Sulastianto

Seni yaitu suatu keahlian dalam mengekspresikan aneka macam macam pandangan gres dan pedoman estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan dan imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang sanggup menumbuhkan rasa indah sehingga bisa membuat peradaban yang lebih maju lagi.

26. Leo Tolstoy

Seni yaitu ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain biar mereka sanggup mencicipi apa yang dirasakan seniman.

27. Chartin Muler

Seni yaitu sesuatu yang dihasilkan dari unsur rasa yang bekerjasama dengan karya cipta seseorang.

28. Nandawan L. Hasanah

Seni yaitu suatu verbal yang ditunjukkan oleh insan yang mempunyai unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang kasatmata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indera manusia.

29. Nuning Y. Damayanti

Seni yaitu proses dari insan dan oleh sebab itu merupakan sinonim dari ilmu.

30. Alexander Baum Garton

Seni yaitu keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

31. Thomas Munro

Seni yaitu alat buatan insan yang menimbulkan efek-efek psikologis atas insan lain yang melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.

32. Emanuel Kant

Seni yaitu sebuah keinginan sebab rumus-rumus tidak sanggup mengikhtiarkan kenyataan.


Referensi:

  1. 10 pengertian seni berdasarkan pendapat para hebat ( /search?q=pengertian-seni-artikel-lengkap)


Anda bisa request artikel apa saja melalui atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

LihatTutupKomentar