-->

Cara Kerja Alat Fogging Nyamuk

Fogging merupakan proses pengasapan insektisida menggunakan mesin swingfog. Mesin ini akan menyemprotkan insektisida ke lingkungan sekitar rumah, yang terdapat banyak nyamuk. Diharapkan nyamuk akan mati. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah. Sering dilakukan rutin di setiap perumahan. Dikenal juga dengan proses pengasapan. Lalu bergotong-royong bagaimana cara kerja dari alat fogging nyamuk ini?

Fogging merupakan proses pengasapan insektisida menggunakan mesin swingfog Cara Kerja Alat Fogging Nyamuk
Alat Fogging Nyamuk

Waktu Untuk melaksanakan fogging

Mungkin banyak orang yang tidak tahu kapan waktu yang sempurna untuk melaksanakan pengasapan. Waktu yang sempurna pada pagi hari, sekitar pukul 7 pagi hingga 10 pagi, kalau melaksanakan acara fogging sore hari. Lakukan sekitar pukul 3 sore hingga 5 sore. Karena di jam-jam itulah, nyamuk penyebab demam berdarah aktif. Jangan lakukan fogging saat siang hari, sebab nyamuk tidak banyak beraktivitas. Apalagi saat cuaca terlalu panas.

Jangan lakukan fogging saat hujan, sebab asapnya akan hilang begitu saja. Proses pengasapan ini dilakukan untuk membunuh nyamuk penyebab deman berdarah. Insektisida fogging hanya bisa bertahan selama 2 hari saja. Jenis insektisida yang dipakai pun harus sesuai dengan resistensinya. Bisa menggunakan temephos, malathion. Permenthrin, tenthion, fenithrotjion dan profoxur. Biasanya saat terjadi wabah dbd. Fogging ini niscaya akan dilakukan.

Efek Samping Melakukan Fogging

Melakukan pengasapan dengan alat fogging nyamuk ternyata mempunyai imbas samping. Antara lain :
 Bisa mengganggu sistem pernapasan, oleh sebab itu saat dilakukan fogging. Jauhkan dari manusia, terutama anak kecil
 Jika dilakukan fogging terus menerus, akan menciptakan nyamuk semakin kebal dengan materi kimia.
 Bisa menimbulkan keracunan makanan, jikalau terkena asap fogging
Hal penting dalam proses fogging
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, saat melaksanakan fogging. Banyak masyarakat yang tidak memahami hal ini. Sehingga mereka berpikie fogging untuk membunuh nyamuk saja. Berikut ini beberapa hal yang harus anda ketahui
 Fogging hanya bisa membunuh nyamuk aedes agyepti yang cukup umur saja.
 Efek dari fogging hanya bertahan hingga 2 hari saja
 Jenis insektisida yang digunakan, harus diganti terus menerus. Karena kekebalan nyamuk akan semakin kuat.
 Konsentrasi larutan yang dipakai sekitar 4-5% saja
 Jarak moncong alat dengan sasaran sekitar 100 meter
 Kecepatan berjalannya sekitar 500 meter persegi atau sekitar 3 menit untuk satu rumah

Cara kerja alat fogging nyamuk

Untuk melaksanakan fogging menggunakan alat yang berjulukan swing fog. Alat ini menggunakan materi bakar bensin, untuk proses kerjanya. Bekerja menggunakan sistem semburan berpulsa. Sehingga saat materi bakar bertemu dengan udara, akan membentuk ruang pembakaran. Dengan getaran 90 pulsa per detiknya. Gas hasil pembakaran tersebut, akan keluar melalui pipa kecil.

Larutan kimia yang dipakai akan berada di ujung resonator, kemudian lewat pulsa gas. Lalu materi kimia tersebut akan pecah menjadi partikel kecil, pribadi dihembuskan ke udara berbentuk kabut tebal. Temperatur di dalam mesin, sekitar 40 -60 derajat celcius. Penggunaan mesin ini memang harus diperhatikan dengan baik. Larutan kimia yang digunakan, cara penyemprotan dan lainnya. Sehingga efektif menghilangkan semua nyamuk.
Melakukan fogging sebaiknya, jangan terus menerus. Minimal setengah tahun sekali. Karena kalau terlalu sering, akan menciptakan nyamuk semakin kebal dengan resistan atau materi kimia. Ketika melaksanakan pengasapan selanjutnya, harus menggunakan konsentrat materi kimia yang lebih tinggi. Itulah sedikit gosip yang bisa kami sampaikan perihal cara kerja alat fogging nyamuk. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar