-->

Silabus Matematika Kelas X,Xi Dan Xii Sma/Ma Kurikulum 2013 Revisi 2017


 ini merupakan pola bagi guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran semoga Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan pola bagi guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran semoga siswa mempunyai kecakapan atau kemahiran matematika sebagai bab dari kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa yang meliputi kompetensi perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan, terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan problem (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan melaksanakan proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.

Baca Juga:

Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017

Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Matematika di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di harapkan bisa memperlihatkan donasi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, semoga mampu:
1. memahami konsep dan menerapkan mekanisme matematika dalam kehidupan sehari- hari;
2. melaksanakan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
3. melaksanakan daypikir matematis yang meliputi membuat generalisasi menurut pola, fakta, fenomena atau data yang ada, membuat dugaan dan memverifikasinya;
4. memecahkan problem dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
5. menumbuhkan perilaku faktual menyerupai perilaku logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak gampang mengalah dalam memecahkan masalah.

Kegiatan pembelajaran pada Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini sanggup diperkaya sesuai dengan sumber daya yang ada di daerah/sekolah dan siswa. Didalam proses berguru mengajar, siswa haruslah mempunyai tugas terpenting. Selain dituntut sanggup menguasai pelajaran dengan baik, siswa juga harus menikmati proses pembelajaran. Upaya untuk membuat pembelajaran yang optimal, tentulah harus dimulai dari guru, oleh alasannya ialah itu perlu dituntut kreativitas seorang guru dan menuntut guru untuk terus berguru dan belajar. Dalam pelajaran matematika alangkah baiknya siswa diajak untuk mengobservasi lingkungan sekitar yang berafiliasi dengan pelajaran yang akan dibahas. Hal ini selain untuk melatih cara berpikir siswa, juga berfungsi untuk membuat siswa lebih berminat terhadap pelajaran yang diikuti. Siswa juga akan tidak bosan mengikuti pelajaran alasannya ialah akan melibatkan acara fisik, bukan hanya mendengarkan dan memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru. Tempat dan alat yang paling gampang dan erat untuk dijadikan materi media pembelajaran ialah yang ada di lingkungan sekitar, tergantung bagaimana kita jeli memanfaatkan dan mengaitkan tempat dan alat tersebut sebagai media pembelajaran.

Pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan teknologi, maka dalam pembelajaran seyogianya juga sanggup memakai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana, sumber belajar, maupun alat pembelajaran.
LihatTutupKomentar