-->

Rpp Tematik Terpadu Kelas 1 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Diriku ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum  RPP Tematik Terpadu Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Tematik Terpadu Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 Diriku ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan yang sangat mengedepankan pada pencapaian kompetensi siswa sesuai standar kelulusan yang ditetapkan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan satu kali pertemuan atau lebih. Berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 komponen RPP yaitu sebagai berikut.
  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan.
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema.
  3. Kelas/semester.
  4. Materi pokok.
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk penca- paian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
  8. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
  9. Metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai.
  10. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran.
  11. Sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan.
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.
  13. Penilaian hasil pembelajaran.
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual akseptor didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan akseptor didik.
  2. Partisipasi aktif akseptor didik.
  3. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan agenda tunjangan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Untuk bisa mempunyai RPP Tematik Terpadu Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 Diriku silahkan unduh di bawah ini.
  1. RPP K1 T1 ST1 P1
  2. RPP K1 T1 ST1 P2
  3. RPP K1 T1 ST1 P3
  4. RPP K1 T1 ST1 P4
  5. RPP K1 T1 ST1 P5
  6. RPP K1 T1 ST1 P6
Baca Juga:
LihatTutupKomentar